Kaba Terkini

Setelah 2012, Gunung Marapi Kembali Erupsi

Bukittinggi, KABA12.com — Gunung Marapi di Sumatera Barat, kembali mengalami erupsi, dengan mengeluarkan abu vulkanik, Minggu (04/06) dan hembusan ke arah timur.

Petugas pos pantau Gunung Marapi, Hartanto, menjelaskan, hingga pukul 13.10 WIB, telah terjadi tiga kali erupsi gunung  merapi. Erupsi terdeteksi melalui alat sesmograf sekitar pukul 10.01 WIB,  pukul 10:22 WIB dan 13.06 WIB.

“Erupsi pertama dengan ketinggian letusan sekitar 300 meter berwarna abu abu tebal, dengan tekanan lemah. Getaran gempa sekitar amplitudo 6 mm. Sedangkan erupsi kedua kembali terjadi letusan dengan ketinggian lebih kurang 700 meter dengan warna abu abu tebal dan tekananya juga lemah, getaran gempa pada letusan kedua sekitar amplitudo 4 mm,” jelasnya.

Untuk erupsi ketiga, lanjut Hartanto, ketinggian letusan sekitar 200 meter berwarna abu-abu dengan tekanan lemah. Getaran gempa sekitar amplitudo 2 mm dengan durasi 13 detik.

Hartanto menambahkan, sebelumnya gunung api merapi itu terakhir erupsi pada 26 september 2012, dengan ketinggian abu vulkanik 1500 meter dan terdengar suara dentuman.

“Sejak itu tidak ada lagi gunung api merapi erupsi, dan baru hari ini sekitar pukul 10.04 Wib gunung api itu kembali meletus (erupsi), namun tidak terdengar suara dentuman,” ujarnya.

Meskipun gunung api itu erupsi,namun status gunung api merapi itu masih tetap pada level waspada.

(Ophik)

To Top