Kaba Terkini

Serbuan Vaksinasi di Kecamatan Tanjung Raya, 1.030 Warga Divaksin Hari Ini

Maninjau, KABA12.com — Sebanyak 1.030 orang masyarakat berhasil mendapat suntikan vaksin Covid-19 pada kegiatan serbuan vaksinasi massal yang dilaksanakan di dua lokasi di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Kamis (11/11).

Serbuan vaksinasi bertajuk ‘Sumdarsin’ atau Sumbar Sadar Vaksin dilaksanakan di dua tempat berbeda yakni di kantor Camat Tanjung Raya dan SMKN 1 Tanjung Raya.

Pemberian vaksin Covid-19 ini menyasar kepada masyarakat usia 12 tahun ke atas. Sebagian besar dari mereka menjalani vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua.

Kegiatan vaksinasi itu bekerjasama dengan Polsek Tanjung Raya, Puskesmas Pasar Ahad, Puskesmas Maninjau, pemerintah kecamatan, nagari, dan pihak sekolah. Terdapat tiga jenis vaksin yang tersedia dalam kegiatan tersebut yakni Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

Wakapolsek Tanjung Raya AKP Akhiruddin menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi massal di wilayah Kecamatan Tanjung Raya hari ini berhasil melampaui target semula sebanyak 1.000 orang.

“Alhamdulillah, gebyar vaksinasi massal hari ini berhasil melampaui target. Tercatat, sebanyak 1.030 orang masyarakat telah menerima suntikan vaksin Covid-19 baik dosis pertama maupun dosis kedua,” ujarnya saat dikonfirmasi KABA12.com.

Ia mengatakan, sebanyak 1.030 orang warga yang tervaksin itu melaksanakan vaksinasi di dua tempat berbeda. Rinciannya 610 orang di kantor Camat Tanjung Raya, dan 462 orang di SMKN 1 Tanjung Raya.

Pihaknya menilai kesadaran masyarakat sudah mulai tumbuh terhadap pentingnya vaksinasi di masa pandemi Covid-19. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang berdatangan ke gerai-gerai vaksin untuk mendapat dosis vaksin Covid-19.

“Tingginya animo masyarakat untuk divaksin tidak terlepas dari pemerintahan nagari se Kecamatan Tanjung Raya yang sudah memberikan pemahaman dan edukasi kepada mereka. Kita berharap, cakupan ini dapat terus ditingkatkan agar target kekebalan kelompok atau herd immunity bisa tercapai pada akhir tahun,” kata AKP Akhiruddin.

Meskipun sudah divaksin, ia juga menghimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun saat beraktivitas.

Menurutnya, kedisiplinan dalam menjaga protokol kesehatan merupakan hal penting yang harus dilakukan setiap orang agar terhindar dari resiko penularan Covid-19.

“Disamping harus mengikuti program vaksinasi, disiplin menjaga protokol kesehatan tetap menjadi bagian penting untuk mencegah penularan Covid-19. Kita berharap masyarakat tidak lengah dengan protokol kesehatan karena itu adalah salah satu kunci utama untuk memutus rantai penyebarannya,” jelasnya.

(Bryan)

To Top