Kaba Terkini

Peringati Hari Pahlawan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Parade Literasi

Bukittinggi, KABA12.com — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi laksanakan Parade Literasi dari sekolah ke sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Pahlawan ini, dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kota Bukittinggi, Kamis (11/11).

Kegiatan dibuka Kabid Pembinaan Otomasi Farizal SH dan dihadiri Kabid Perpustakaan Dwi Osfiyanti, S.IP M.Si

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittingi Drs.Johnni, melalui Kasi Pembudayaan Literasi, Drs. Maswardi, M.Pd, menjelaskan, parade literasi kali ini, bekerja sama dengan SMP Negeri 6 Kota Bukittinggi, sebelumnya juga telah melaksanakan di SMP Negeri 3 Bukittinggi.

“Peserta kegiatan diajak untuk membaca buku yang telah disediakan, buku tersebut berada di atas mobil perpustakaan. Peserta diberi kebebasan untuk mengambil buku yang mereka sukai,” ujarnya.

Setelah membaca buku, lanjut Maswardi, semua peserta diminta untuk membaca dan menuliskan kembali bacaan yang dibaca dengan versi masing-masing. Pada kegiatan ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menghadirkan siswa SMP N 3 Bukittinggi Daffa Nurdyansyah dan Dynia Aulia sebagai motivator bagi siawa SMPN 6 Bukittinggi .

Daffa Nurdyansyah seorang siswa yang telah menghasilkan buku berupa kumpulan puisi, cerpen dan sebagainya, Daffa juga menampilkan membaca puisi karyanya sendiri.

Sementara itu, Kasi Ekstensi dan Kerja Sama, Hendra Eka Putra, memberikan pencerahan kepada guru dan siswa tentang ilmu dan trik-trik atau langkah langkah menjadi master of ceremony (pembawa acara).

Puncak acara adalah penyerahanan serifikat dari Drs.Maswardi,MPd, Kasi Literasi Dinas Perpustakaan Kearsipan Kota Bukittinggi kepada Kepala Sekolah SMPN 6 dan kepada 6 orang pelajar yang terdiri dari pemenang kegiatan literasi.

(Ophik)

To Top