Agam

Semarakkan Ramadhan 1440 H IPPCES Gelar Malam Tradisi

Lubukbasung, kaba12.com — Dalam rangkaian semarak Ramadhan 1440 Hijriah Ikatan Pemuda Pemudi Cumateh Sekitarnya(IPPECES),Jumat,(31/5) sampai Sabtu,(1/6) dini hari gelar malam tradisi bakampuang.

Malam tradisi dengan gelaran berbagai jenis kesenian tradisional yang dimiliki pemuda setempat, mulai dari tambua tansa, silat, tari galombang bahkan cimuntu itu tampil dalam malam seremoni tradisi Cumateh tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, terlihat nyata kuatnya kebersamaan dalam masyarakat Cumateh, dibuktikan dengan acara yang dibanjir ratusan warga yang tumpah ruas ke jalan sepanjang kawasan itu, bahkan pemuda juga menggelar makan dan doa bersama di pos ronda Cumateh.

Menurut Rino Syamna Putra, tokoh pemuda Cumateh, gelar malam semarak Ramadhan dengan menampilkan berbagai kesenian tradisi di Cumateh itu merupakan agenda rutin setiap Ramadhan, dimana tahun ini, kegiatan yang digelar pemuda jauh lebih semarak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

” Ini acara tradisi yang didukung semua komponen masyarakat, dan kita akan terus mempertahankan tradisi seperti ini,” tegas Rino.

Disebutkan, tradisi malam semarak Ramadhan di Cumateh itu tidak hanya semarak dengan gelaran tambua tansa dan kesenian tradisi lainnya, tapi juga hangat dengan kebersamaaan yang dijalin dalam masyarakat.

HARMEN

To Top