Kaba Terkini

Semarak Pawai Allegoris di Palupuah Jalinsum Bukittinggi – Medan Macet

Palupuah, kaba12.com — Semarak pawai allegoris dalam rangkaian peringatan HUT RI ke-74 di kecamatan Palupuah dibanjiri ribuan warga, Sabtu,(17/8).

Animo masyarakat yang sangat tinggi mengikuti rangkaian kegiatan tersebut membuat arus lalulintas di jalur lintas Sumatera (jalinsum) ruas Bukittinggi- Medan macet parah, sehingga petugas terpaksa mengamankan arus lalin dengan sistim buka tutup.

Informasi yang diperoleh kaba12.com di Palupuah, jumlah peserta pawai allegoris dalam rangka peringatan HUT RI ke-74 tahun ini jauh lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya, melibatkan berbagai kelompok masyarakat dan organisasi yang ada di Palupuah.

Seperti dijelaskan Edwar Ajo, Kasi.Kesos Kecamatan Palupuah, jumlah peserta pawai allegoris tahun ini jauh lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Dijelaskan, pawai kali ini diikuti rombongan pawai Walinagari Pasia Laweh dengan menaiki becak .otor (Betor), koordinator pertanian bersama staf, Gapoktan GEMPITA, tak ketinggalan murid PAUD mengenakan pakaian dokter kecil, TNI, Polisi dan lainnya.

Sementara siswa SD, SMP dan SMA ikut dalam iringi iringan pawai, diwarnai hiruk pikuk bunyi drum band utusan dari sekolah terdekat.

Bahkan yang menarik, saat pawai Walinagari bersama perangkatnya dengan bersemangat berteriak “Merdeka……Merdeka…..
sehingga mengundang perhatia ratusan warga yang memadati ruas jalan Lintas Bukittinggi-Medan itum

Rombongan pawai allegoris dilepas dari lapangan kantor camat tersebut menempuh rute Ikan Banyak- Pasar Palupuh-Injok dan finis di lapangan kantor camat.

Edwar Ajo menambahkan, peran aktif dinas instansi, walinagari, sekolah serta masyarakat terlihat maksimal dalam berbagai kegiatan yang digelar PHBN kecamatan, dibuktikan dalam berbagai lomba dan kegiatan yang digelar, didominasi kehadiran dan dukungan masyarakat sangat tinggi, termasuk dalam pawai allegoris rangkaian peringatan HUT RI ke-74 ,” terasa sangat luar biasa semarak peringatan hari kemerdekaan tahun ini,” ulas Edwar Ajo.
HARMEN/HARI

To Top