Kaba Pemko Bukittinggi

Selama Libur, Peserta BPJS Tetap Dapat Jaminan Pelayanan Kesehatan

Bukittinggi, KABA12.com — Selama masa liburan yang pada umumnya dilaksanakan pada 29 Mei hingga 13 Juni 2019, peserta BPJS Kesehatan, akan tetap mendapat jaminan pelayanan kesehatan. Jaminan pelayanan kesehatan itu, tidak hanya didapatkan di fasilitas kesehatan (faskes) di tempat asal, tapi juga di lokasi atau di perjalanan saat peserta BPJS mudik ke kampung halaman.

Kepala BPJS Kesehatan Bukittinggi, Yessy Rahimi, menjelaskan, peserta JKN-KIS di dalam ataupun di luar wilayah, dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada puskesmas atau klinik pratama ataupun praktek dokter yang membuka pelayanan kesehatan, maksimal 3 kali kunjungan.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik, bisa langsung mengunjungi FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, termasuk RS swasta, meskipun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut. Untuk daftar FKTP itu, dapat dilihat di aplikasi mudik BPJS Kesehatan,” jelasnya saat menggelar jumpa pers di kantor BPJS Kesehatan Bukittinggi di kawasan Bypasa, Senin (27/05).

Yessy menambahkan, apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran, peserta dapat langsung mendapat layanan kesehatan di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan, wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Faskes pun tidak diperkenankan menarik biaya apapun kepada peserta, selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, pelayanan kesehatan itu hanya dapat diberikan kepada peserta yang status kepesertaannya aktif,” ungkap Yessy.

Kepala BPJS Bukittinggi, juga kembali mengingatkan kepada seluruh peserta JKN KIS, untuk disiplin dalam membayar iuran, apalagi untuk peserta yang ingin mudik. Karena memang dengan membayar iuran secara rutin, akan mempermudah dalam mendapatkan layanan kesehatan. Selain itu, dengan membayar iuran, tentunya dapat membantu peserta JKN KIS lainnya dalam mendapatkan layanan kesehatan, karena prinsipnya ‘Gotong Royong Semua Tertolong’.

“Untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan, dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN KIS. Aplikasi itu dapat di download melalui play store atau Appstore secara gratis. Kami selama masa libur, juga menyediakan pelayanan khusus di setiap kantor cabang, pada tanggal 3, 4, dan 7 Juni pada pukul 08.00 – 12.00 waktu setempat. Warga juga dapat menghubugi call center 1500 400,” pungkasnya.

(Ophik)

To Top