Kaba Terkini

SDN 60 Kubu Anau Ikuti Sosialisasi Kebencanaan

Manggopoh, kaba12.com — Majelis guru dan siswa Sekolah Dasar Negeri 60 Kubu Anau, nagari Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung ikuti sosialisasi dan pelatihan mitigasi bencana sekaligus latihan simulasi evakuasi bencana dari tim BPBD Agam, Rabu (23/10) di Kubu Anau.

Kepala SDN 60 Kubu Anau Eko Sri Lestari, S.Pd. M. MPd, menyambut baik tim BPBD Agam yang hadir memberikan sosialisasì penanggulangan bencana, sekaligus melalukan latihan simulasi evakuasi mandiri.

Dijelaskan, murid SDN 60 Kubu Anau sebanyak 145 orang dengan guru pendidik sebanyak 10 orang mendapat pengetahuan tentang jenis bencana yang ada di kabupaten Agam, khususnya dilingkungan sekolah dan tempat tinggal masing-masing, dicarikan cara penanggulangan secara sederhana.

” Bimbingan dan arahan dari BPBD Agam, kita akan mencoba mengkaji risiko bencana apa yang ada disekitar sekolah, dan mencarikan solusinya secara bersama,” ulasnya.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam Yunaidi.S, M.Pd bersama tim memberikan penjelasan tentang keadaan dan situasi bangunan sekolah, bila ada bencana gempa siswa yang berada di sekolah sedang belajar perlu mengetahui arah dan jalur evakuasi yang disepakati bersama.

Disebutkan, melalui pembekalan dan peningkatan kapasitas bagi siswa perlu disiagakan.

”BPBD Agam berterimakasih kepada pihak sekolah yang telah menghadirkan seluruh siswa dan majelis guru menerima pembekalan penanggulangan bencana yang ada di sekitar kita terutama gempa bumi,” ujar Yunaidi.

Selesai pencerahan tim BPBD Agam mengadakan latihan simulasi evakuasi mandiri kejadian gempa bumi diikuti seluruh masyarakat sekolah murid dan guru SDN 60 Kubu Anau Lubukbasung yang ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama antara pihak sekolah dengan BPBD Agam.

(Jaswit)

To Top