Kaba Terkini

SDIT Syahiral Ilmi Awali Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Melalui Sosialisasi

Bukittinggi, KABA12.com — Pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, terus digencarkan di Kota Bukittinggi.

Tidak hanya untuk sekolah negeri, namun proses vaksinasi juga dilaksanakan di sekolah swasta, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui puskesmas setempat.

Salah satunya SDIT Syahiral Ilmi Pulai Anak Aia, yang melaksanakan vaksinasi di sekolah, Kamis (10/02).

Kepala SDIT Syahiral Ilmi, Laila Fadhly, menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di SDIT Syahiral Ilmi, sesuai dengan aturan yang berlaku. Dimana sebelum vaksin para orang tua murid diberikan surat untuk meminta persetujuan.

“Kita tidak ada pemaksaan. Untuk itu kita berikan surat pemberitahuan dan persetujuan dari orang tua murid. Dari proses tahap pertama dilaksanakan untuk kelas 1-5. Sampai sekarang sudah menyetujui sebanyak 41 orang anak. Proses vaksinasi juga diawali sosialisasi dan dilakukan langsung oleh Puskesmas Nilam Sari dan disaksikan pihak Polres dan Kodim 0304 Agam,” jelasnya.

dr. Aga, dokter umum Puskesmas Nilam Sari, menjelaskan, vaksin hampir sama dengan imunisasi ketika balita dulu. Fungsinya untuk meningkatkan zat anti bodi dalam tubuh, agar dapat mengantisipasi gejala dari penyakit atau virus, terutama covid-19.

“Sehingga jika terkena virus, efek dan gejalanya tidak terlalu berat. Dari segi keamanan, pada Januari 2021 lalu, sudah keluar sertifikat halal dari MUI dan pada Desember 2021, juga sudah keluar keputusan dari Ikatan Doktwr Anak, bahwa vaksin sinovac 0,5 mg aman untuk diberikan pada anak usia 6-11 tahun,” ungkapnya.

Proses vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, juga dilaksanakan dengan tahapan screening. Dimana, ada pemeriksaan pada kesehatan atau kondisi anak, untuk diberi vaksin. Selanjutnya setelah dinyatakan aman, anak anak baru divaksinasi dan menjalani observasi 15-30 menit.

(Ophik)

To Top