Kaba Terkini

Rusak Berat, Jembatan Darurat Dibangun di Batang Lolo

Lubukbasung, kaba12.com —Pemkab.Agam perbaiki secara darurat jembatan Batang Lolo di Manggih, Jorong II Balai Ahad, Nagari Lubukbasung, yang rusak parah, Sabtu, (5/2).

Perbaikan darurat dilakukan dengan menambal badan jembatan kayu, dengan kayu balok baru di beberapa bagian yang sebelumnya jebol karena lapuk dimakan usia dan kerap dihantam banjir di aliran Batang Lolo tersebut.

Proses perbaikan jembatan penghubung antar 2 kecamatan itu, yakni kecamatan Lubukbasung dan Ampek Nagari itu, dipantau langsung anggota DPRD Agam M. Ater Dt. Manambun bersama Kabid. KL BPBD Agam Ir. Irman di Manggih, Lubukbasung.

Menurut Irman, perbaikan jembatan yang rusak parah karena lapuk dimakan usia itu, dikerjakan DPUTR Agam dalam kegiatan pemeliharaan ruas jalan dan jembatan.

Diakui Irman, perbaikan jembatan Lolo yang sempat putus beberapa hari terakhir itu, baru untuk kondisi darurat, ” kedepan diharapkan dilakukan agar kontruksi jembatan bisa lebih kokoh dan memadai, mengingat tingginya intensitas kendaraan yang melewati jalur tersebut, ” sebutnya.

Sementara menurut M. Ater Dt. Manambun, melihat kondisi jembatan Batang Lolo yang kondisinya saat ini sudah sangat rapuh dimakan usia, perlu dilakukan langkah-langkah penanganan yang lebih khusus.

Pasalnya, ulas M. Ater Dt. Manambun yang Sekretaris Komisi I DPRD Agam itu, jembatan Batang Lolo yang merupakan penghubung aliran sungai Batang Lolo yang kerap meluap, sehingga perlu kontruksi jembatan yang lebih kokoh.

Apalagi, ulasnya, aliran sungai Batang Lolo kerap membesar apalagi saat musim penghujan saat ini, bahkan sampai berdampak terhadap ambruknya area TPA di Kampung Baru, Sungai Jariang, akibat keganasan aliran sungai tersebut.

” Kami berharap, Pemkab. Agam bisa memproyeksikan penanganan khsusus jembatan tersebut, agar akses transportasi ekonomi warga bisa normal, ” ungkapnya.

Jembatan Batang Lolo yang ambruk akibat hempasan aliran air sungai yang kerap membesar dan dilewati kendaraan besar yang membuat badan jembatan itu ambruk.

Saat ini, proses perbaikan sedang dikerjakan oleh petugas DPUTR Agam bersama unsur terkait lain.

HARMEN

To Top