Kaba Kuliner

Roti Randang, Cemilan ”Urang Awak”

Beberapa waktu lalu, situs CNNGo membuat survei soal 50 makanan terlezat di dunia. Hasilnya, rendanglah yang muncul sebagai pemenang.

Terangkatnya ketenaran rendang ini ternyata tak disia-siakan oleh pengusaha makanan, terutama di Padang, Sumatera Barat. Mereka pun mengolah berbagai camilan dengan bahan dasar rendang. Satu jenis makanan ringan yaitu roti rendang.

Dipasarkan dengan merek Roti Randang Ninur, rasa makanan ini cukup unik. Roti ini berani memadukan rendang yang notabene pedas, dengan roti manis. Di Jalan Proklamasi, Padang, Roti Randang Ninur menawarkan tiga rasa: roti rendang daging ayam, roti rendang daging sapi, dan roti rendang kacang merah.

Rendang yang menjadi campuran roti terbuat dari gilingan daging ayam atau sapi. Tetapi rasa dan aroma rendangnya masih kuat, juga pedas. Sehingga kala gigi menggigit roti, aroma rendang langsung menyeruak ke dalam mulut. Serasa tengah memakan roti yang dicampur rendang, minus jejak minyak. Sebab, sebelum bersatu dengan adonan roti, rendang terlebih dahulu diolah hingga benar-benar kering. Setelah itu, keduanya dipanggang bersama di dalam oven.

Untuk menambah kelezatan, ada taburan daun bawang, daun oregano kering, atau keju mozarela di lapisan atas roti. Dengan bobot demikian, sepotong roti rendang dapat menjadi pilihan pas untuk menu sarapan yang cukup mengenyangkan. Apalagi, harganya tidak mahal. Satu Roti randang Ninur bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 6.000. Sedangkan jenis roti rendang gulung dijual seharga Rp 60 ribu.

(Sumber: tempo.co)

To Top