Kaba Terkini

Ribuan Warga Banjiri Sungai Jariang Hadiri Festival Tambua Tansa 2019

Sungai Jariang, kaba12.com — Lomba tansa dalam rangka peringatan hari ulang tahun pertama nagari persiapan Sungai Jariang Lubukbasung di kompleks kantor walinagari persiapan Sungai Jariang, Sabtu,(19/10) malam berlangsung meriah.

Tercatat 8 group tambua tansa dari berbagai kecamatan di wilayah Barat kabupaten Agam ambil bagian dalam event khusus yang digelar panitia acara tersebut.

Bahkan, ribuan pengunjung memadati arena acara yang berdatangan dari berbagai tempat menyaksikan beragam atraksi tambua yang dimainkan para group tambua.

Festival tambua tansa, salah satu event tradisi yang digelar panitia dalam moment 1 tahun usia nagari persiapan Sungai Jariang yang dibuka Kabag.Kesra Sekab.Agam Syatria didampingi pj.walinagari persiapan Sungai Jariang Lubukbasung Mairizal, dan para pejabat pemerintahan kecamatan Lubukbasung.

Menurut Mairizal, pj.walinagari Sungai Jariang, festival tambua tansa yang digelar, sebagai bagian dari komitmen masyarakat dalam melestarikan seni budaya Minangkabau.

Sesuai program, ulas Mairizal, dalam rangkaian peringatan HUT pertama nagari persiapan Sungai Jariang, pihaknya menonjolkan semarak syiar agama Islam dengan menggelar lomba MTQ dan bintang qasidah, sementara dari sisi adat, digelar festival tambua tansa.

” Alhamdulillah, respon dan partisipasi masyarakat sangat luar biasa, kami sangat terharu dan memberi apresiasi yang besar pada masyarakat dan panitia, karena ini moment kebersamaan yang sangat mengikat silaturrahmi,” ulas Mairizal.

Disisi lain, bupati Agam diwakili Kabag Kesra Syatria, memberi apresiasi khusus pada masyarakat nagari persiapan Sungai Jariang yang memperlihatkan komitmen yang kuat dalam mendorong terealisasinya wujud pemerintahan nagari yang sesungguhnya.

” Peringatan 1 tahun usia nagari persiapan Sungai Jariang, tidak hanya sebagai wujud keseriusan dan perhatian seluruh elemen masyarakat, tapi juga dorongan serius untuk kemajuan nagari di berbagai aspek,” sebut Syatria.

Festival tambua tansa yang digelar panitia peringatan 1 tahun nagari persiapan Sungai Jariang Lubukbasung itu, berlangsung dua hari, yang semarak dengan beragam acara apalagi festival tambua yang dibanjiri ribuan warga.

HARMEN

To Top