Kaba Terkini

Ribuan Warga Ampek Angkek Gelar Goro Massal Serentak, Antisipasi Dampak Banjir Bandang Susulan

Ampek Angkek, kaba12. — Ribuan warga Kecamatan Ampek Angkek, dari 7 nagari yang tersebar di 33 jorong gelar gotong royong massal membersihkan seluruh areal dan sarana umum, terutama aliran sungai, irigasi dan drainase yang ada di jorong masing-masing, Minggu, (19/5).

Goro massal yang digelar sebagai salah satu upaya antisipasi terdampak dampak banjir bandang lahar hujan susulan Gunung Marapi, dimana wilayah kecamatan Ampek Angkek menjadi salah satu wilayah terdampak dengan resiko tinggi.

Apalagi, direncanakan dalam upaya penanganan dampak bencana di wilayah Candung, pemerintah merencanakan akan membongkar jembatan Simpang Bukik, Bukik Batabuah, Canduang, yang aliran airnya mengalir di wilayah Ampek Angkek. Jika jembatan itu dirobohkan alur aliran air akan semakin bebas dan kencang ke wilayah tersebut.

Goro massal yang diikuti ribuan warga itu, juga didukung tim Marinir TNI AL, komunitas Senkom, tim khusus Pemko Bukittinggi, DLH Agam dan jajaran lainnya.

Goro massal akbar itu disebutkan Rahmat Fajri, Camat Ampek Angkek, merupakan hasil kesepakatan bersama dari berbagai elemen masyarakat dari 7 nagari dan 33 jorong , untuk menggelar goro serentak di seluruh jorong dihari yang sama.

Untuk dukungan lapangan, saat ini pihaknya menurunkan truk- truk pengangkut sampah termasuk bantuan dari Pemko Bukittinggi dan DLH Agam.

Ditambahkan Rahmat Fajri, goro massal yang digelar, terutama difokuskan untuk pembersihan seluruh aliran sungai yang ada di wilayah jorong masing-masing, pembersihan saluran irigasi dan drainase, agar aliran air lancar.

” Ini langkah antisipasi kita jika jembatan Simpang Bukik, Candung dibongkar karena dipastikan aliran air akan semakin kencang ke bagian hilir di wilayah Ampek Angkek. Termasuk antisipasi dampak banjir bandang Gunung Marapi susulan yang masih berpotensi terjadi, ” sebut Camat Ampek Angkek tersebut.

Diyakinkan Rahman Fajri, goro massal serentak di 33 jorong itu, sebagai salah satu upaya mitigasi bencana yang dilakukan bersama seluruh warga kecamatan Ampek Angkek, karena saat bencana banjir bandang lahar hujan Gunung Marapi Sabtu pekan lalu, banyak kawasan di kecamatan Ampek Angkek terdampak terutama areal pertanian warga.

(HARMEN)

To Top