Agam

Retribusi Pengujian Laboratorium Jadi Target PAD Agam

Lubukbasung, KABA12.com — Wakil Bupati Agam menjawab pandangan umum fraksi DPRD Agam terkait rancangan peraturan daerah (Ranperda) kabupaten Agam mengenai perubahyan atas Perda No.2 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha. Jawaban tersebut disampaikan Wakil Bupati dalam sidang paripurna di aula Kantor BAPPEDA, Senin (21/08).

Dalam jawabannnya Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria memaparkan dalam Perda NO.2 tahun 2012 objek retribusi pemakaian jasa pengujian laboraturium lingkungan, belum terakomodir.

“Untuk itu, agar dapat dipungut, perlu disusun peraturannya agar bisa menjadi salah satu pendapatan asli daerah,” jelasnya.

Terkait jumlah biaya yang akan ditetapkan nanti seperti yang ditanyakan salah satu fraksi di dewan, wabup menjawab akan disesuaikan dengan objek yang diuji.

Wakil Bupati  mengharapkan, jawaban dari pemerintah ini, dapat menjadi referensi untuk pembahasan perubahan Perda No. 2 tahun 2012. Sehingga pengalokasian anggaran untuk kebutuhan pengujian operasional laboratorium lingkungan dapat dipenuhi secara proporsional.

Dengan demikian, pengguna jasa pengujian labor dapat membayar retribusi yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah Agam.

(Jaswit )

 

To Top