Kaba Terkini

Ratusan Warga Dalko Goro Massal Bersihkan Jalan

Dalko, KABA12.com — Ratusan masyarakat Nagari Dalko, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mengadakan gotong royong pembersihan jalan yang baru dibuka di Jorong Dama Gadang, Rabu (4/1).

Kegiatan goro yang diikuti oleh jajaran Forkopimca Tanjung Raya beserta Pemerintah Nagari Dalko itu membersihkan akses jalan sepanjang 1 kilometer menuju Nagari III Koto Aur Malintang Timur, Kabupaten Padang Pariaman yang baru dibuka tersebut.

Pj Walinagari Dalko, Sabarono mengatakan, aksi gotong royong itu sengaja dilaksanakan mengingat jalan itu merupakan salah satu akses penghubung antar kecamatan di dua kabupaten tersebut terutama dalam memperlancar perekonomian masyarakat.

“Kami juga berterimakasih kepada masyarakat Nagari Dalko dan Nagari III Koto Aur Malintang Timur yang sudah ikut serta dalam kegiatan goro. Semoga dengan terbukanya jalan baru ini bisa memperlancar akses transportasi masyarakat di kedua nagari tersebut,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya bersama warga setempat mengharapkan agar pemerintah daerah melalui dinas terkait bisa segera meningkatkan jalan itu dengan cara pengerasan ataupun pengaspalan jalan.

Ia menyebut, saat ini baru hanya ruas jalan di nagari tetangga yang sudah ditingkatkan dengan cara pengerasan, dan diharapkan bisa dilanjutkan oleh Pemkab Agam.

“Semoga dengan ditingkatkannya jalan tersebut dapat memperlancar perekonomian masyarakat, sekaligus memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Dalko untuk mengunjungi sejumlah objek wisata alam berupa air terjun atau sarasah di beberapa titik,” katanya.

Sementara itu, Camat Tanjung Raya, Roza Syafdefianti mengapresiasi antusias masyarakat di kedua nagari yang sudah melaksanakan goro pembersihan bahu jalan dan saluran drainase di sepanjang akses jalan tersebut.

Ia mengakui, apabila dilakukan pengerasan pada jalan tersebut maka akan memangkas jarak dan waktu perjalanan masyarakat, karena tidak perlu berputar lebih jauh lagi.

“Kami akan koordinasikan ini dengan dinas terkait agar pengerasan jalan bisa dilaksanakan, sehingga bisa menunjang kelancaran akses transportasi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

(Bryan)

To Top