Kaba Terkini

Proteksi Anak Dari Berita HOAX, Dalduk-KB-PP & PA Agam Gelar Bimtek Jurnalistik

Lubukbasung, kaba12.com — Proteksi anak dari beragam berita hoax yang semakin menjamur saat ini, Dinas Pengendalian Penduduk,Keluarga Berencana, Pembadayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk-KB-PP dan PA) Kabupaten Agam, gelar bimbingan tekhnis Jurnalistik anak dan budaya menulis di aula Dinas Kesehatan Agam, Minggu kemarin.

Bimtek yang digelar sehari penuh itu, menghadirkan 2 pemateri masing-masing Harmen, Penanggungjawab-Pemimpin Redaksi kaba12.com dengan materi tekhnik dasar jurnalistik dan Sri Handayani, penggiat literasi kabupaten Agam yang menyajikan materi tentang tekhnis menulis.

Bimtek yang dibuka Riyanti, sekretaris Dinas Dalduk-KB-PP dan PA Agam itu, diikuti 40 peserta dari seluruh wilayah kabupaten Agam mewakil berbagai sekolah, dihadiri Kabid.Perlindungan Anak Asnidawati dan para pengurus Forum Anak Daerah Kabupaten Agam.

Dalam sambutannya, Riyanti menyebutkan, menyikapi perkembangan era tekhnologi informasi dan semakin berkembangnya media saat ini, pihaknya menyikapi dengan mendorong seluruh anak kabupaten Agam bisa memahami dan ikut berperan menggiringi perkembangan tekhnologi informasi tersebut, salah satunya memahami berita atau informasi yang baik dan benar.

Disebutkan, pihaknya sengaja pamateri yang selama ini dikenal paham dan menguasai dunia jurnalistik dan professional dalam menulis, karena diharapkan seluruh anak Agam, bisa mengetahui dan memahami berita yang baik dan benar, sesuai kaidah Jurnalistik bahkan diharapkan bisa menjadi seorang penulis yang handal.

“ Kami mencoba proteksi berita atau informasi yang simpangsiur, yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan, dengan memberikan bimbingan tentang apa sesungguhnya berita yang baik dan benar sesuai kaidah dan ketentuan yang digariskan dalam jurnalistik, “ sebut Riyanti lagi.

Sekretaris Dinas Dalduk-KB-PP dan PA Kabupaten Agam itu, berharap, dengan bimtek tentang dasar jurnalistik dan penulisan buku tersebut, bisa mendorong pemahaman anak kabupaten Agam untuk melek akan perkembangan informasi yang sesungguhnya, tidak mudah percaya berita bohong dan bisa menjadi penulis yang baik dan benar.

Sementara menurut Asnidawati, Kabid.PA Dalduk-KB-PP dan PA Agam,Bimtek yang digelar diikuti 40 peserta yang berasal dari berbagai sekolah di kabupaten Agam, mewakili forum anak daerah, “ sasaran kita, anak-anak bisa memahami bagaimana berita hasil karya jurnalistik yang benar, bisa membuat berita yang benar sesuai kaidah serta paham akan berbagai ketentuan yang digariskan dalam penulisan sebuah berita, “ ungkapnya.

HARMEN

To Top