Kaba Terkini

Prediksi BMKG, Potensi Cuaca Ekstrem Tinggi, Bupati Agam Himbau Warga Waspada

Lubukbasung, kaba12.com — Bupati Agam himbau warga untuk selalu waspada menyikapi kondisi cuaca yang hingga kini masih ekstrem dengan perubahan pola cuaca yang kerap mendadak. Saat ini, kondisi cuaca di wilayah Sumbar cerah cenderung panas, yang justru berpotensi memicu dampak lain.

Menyikapi prakiraan cuaca BMKG Selasa,(27/12) tentang kondisi cuaca yang masih ekstrem, terutama di wilayah pulau Jawa dengan potensi banjir ROB, di kawasan Timur Indonesia, termasuk prediksi di pulau Sumatera termasuk kabupaten Agam yang masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat, termasuk perkiraan tekanan angin dan ombak tinggi.

Selain itu, tingginya aktivitas masyarakat yang saat ini tengah memanfaatkan libur sekolah menjelang tahun baru,sehingga berbagai sarana wisata termasuk aktivitas lalulintas cenderung tinggi.

“ Masyarakat dihimbau waspada, kondisi cuaca masih belum bisa ditebak, apalagi prediksi BMKG potensi hujan masih tinggi, termasuk tekanan angin yang memicu ombak tinggi di kawasan pesisir kabupaten Agam, khususnya di Tanjung Mutiara, “ sebut Rahman, Asisten I Sekab.Agam

disebutkan Rahman, sesuai prakiraan cuaca yang diumumkan BMKG Selasa,(27/12) siang, menjelang akhir tahun 2022, potensi cuaca ekstrem masih tinggi, sehingga masyarakat dihimbau selalu waspada dalam menjalankan aktivitas di lapangan.

“ Kesiapsiagaan penting, karena hal itu langkah utama dalam mengantisipasi hal-hal yang merugikan, “ sebut Rahman usai berdiskusi dengan beberapa kepala OPD Pemkab.Agam terkait kegiatan pengamanan di lapangan.

Diyakinkan, sesuai dengan program pengamanan nataru yang dikoordinasi pihak kepolisian dalam operasi lilin 2022, beberapa OPD Pemkab.Agam sudah ikut bersiaga di lapangan, baik BPBD, Dishub, Satpol.PP-Damkar, bersama beberapa organisasi sosial untuk memberi rasa nyaman pada masyarakat yang menjalankan aktivitasnya di lapangan.

Walau demikian, Rahman berharap,masyarakat tetap waspda dan siaga, termasuk kondisi cuaca panas saat ini, yang rentan memicu kebakaran, termasuk kebakaran lahan. Peran warga, diyakinkannya sangat menentukan untuk menciptakan kondisi nyaman di berbagai tempat.

“ Kita berharap, suasana libur warga yang berdatangan dari berbagai daerah di Sumbar, termasuk kalangan perantau yang pulang kampung bisa berjalan aman, nyaman dan lancar tanpa kendala, “ ulas Rahman.

HARMEN

To Top