Kaba Terkini

Potensi Kebakaran Hutan Diawasi Khusus

Ampek Nagari, kaba12.com — Potensi kebakaran hutan dan areal perkebunan diawasi secara khusus oleh tim Satpol PP-Damkar Agam bersama jajaran kecamatan di seluruh wilayah. Pengawasan khusus itu dilakukan dengan sistim patroli dan membangun informasi sampai ke jorong dan nagari, karena jika terjadi kebakaran akan bisa segera diatasi.

Seluruh elemen masyarakat, diharapkan berperan dalam upaya penanganan dan antisipasi bahaya kebakaran tersebut, termasuk menjalin koordinasi dengan jajaran terkait agar langkah penanganan bisa segera dilakukan.

Harapan itu disampaikan kepala Satpol PP-Damkar Agam Kurniawan Syahputra menyikapi kondisi cuaca sepanjang bulan Juli yang cenderung panas, apalagi di beberapa propinsi di luar Sumbar mulai terjadi kebakaran hutan dan lahan yang mengganggu aktivitas warga.

Disebutkan, masalah kebakaran hutan dan lahan, menjadi salah satu perhatian pihaknya, bahkan persoalan kebakaran lahan yang menjadi pusat perhatian nasional itu, justru menjadi salah satu catatan penting aktivitas lapangan yang dilakukan personilnya.

“ Sejauh ini, wilayah kabupaten Agam relative aman dan tidak ada kasus kebakaran lahan, namun kita lakukan antisipasi dengan pengawasan dan sosialisasi ke lapangan, melibatkan berbagai unsur masyarakat, “ ulas Kurniawan Syahputra lagi.

Wilayah yang menjadi perhatian khusus masalah kebakaran lahan terutama Palembayan, Ampek Nagari, Lubukbasung, Tanjung Mutiara, Baso, Palupuah, Ampek Angkek, Malalak, Sungai Pua dan Kamang Magek dengan bentangan arela hutan yang cukup luas.

(Virgo/*)

To Top