Kaba Terkini

Pilkada Agam KPU Butuh Dana Rp32 Miliar

Lubukbasung, kaba12.com — Untuk mempersiapkan dan melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) Agam 2020 yang tahapannya sudah harus dimulai tahun ini, Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Agam membutuhkan setidaknya anggaran Rp.32 miliar.

Usulan anggaran khusus tersebut sudah diajukan pada pemerintah dan DPRD Agam, yang diestimasikan masih berpotensi bertambah mengingat masih ada beberapa regulasi yang harus disesuaikan dalam tahapan pilkada yang berpotensi menambah kebutuhan anggaran.

Dari total alokasi anggaran yang diusulkan, didominasi anggaran untuk honor dan operasional yang mencapai lebih dari 40 persen, karena hal itu terikat dengan ketentuan yang sudah digariskan.

Ketua KPU Agam Riko Antoni, menjawab kaba12.com di Lubukbasung menyebutkan, pihaknya bersama pemerintah sudah melakukan serangkaian pembahasan terkait dengan alokasi anggaran yang dibutuhkan untuk tahapan pelaksanaan pilkada tersebut.

Diakuinya, proses pembahasan berjalan alot, mengingat anggaran yang dibutuhkan sangat besar, namun hal itu, merupakan kebutuhan prioritas, mengingat pilkada Agam sudah harus dilaksanakan yang tahapannya sudah harus dimulai bulan September ini.

“ Mudah-mudahan segera tuntas, sehingga KPU Agam bisa melakukan serangkaian persiapan sesuai tahapan yang sudah ditetapkan, “ ulas ketua KPU Agam itu lagi.

Pembahasan alokasi anggaran untuk Pilkada Agam 2020, disebutkan Riko Antoni sudah dilakukan pihaknya bersama jajaran terkait di Pemkab Agam yang diharapkan bisa berlanjut dengan pembahasan di DPRD Agam, agar bisa dialokasikan dalam APBD 2020 mendatang.

HARMEN

To Top