Kaba Terkini

PHI 89 Momentum Mengenang Perjuangan Kaum Wanita

Lubukbasung, KABA12.com — Memperingati hari ibu (PHI) ke-89 yang jatuh pada 22 Desember 2017 mendatang, seluruh wanita yang tergabung dalam GOW kabupaten Agam melakukan napak tilas dengan berziarah ke makam pahlawan Siti Manggopoh, Rabu (13/12). Napak tilas dalam rangka memperingati hari ibu tersebut diawali dengan upacara khusus yang kemudian dilanjutkan dengan tebar bunga ke makam para pejuang perang manggopoh 1908 yang saat itu dipimpin seorang wanita tangguh, Mandeh Siti Manggopoh.

Ketua GOW kabupaten Agam Candra Gumilarti mengatakan, ziarah tersebut dilakukan sebagai napak tilas pembelajaran bagi masyarakat terutama generasi muda atas perjuangan yang telah dilakukan para pejuang sebelumnya, terutama terhadap pejuang wanita yang rela mempertaruhkan nyawanya dari ancaman dan kekejaman para penjajah.

Ny. Candra Trinda Farhan Satria mengucapkan selamat hari ibu untuk seluruh ibu-ibu tangguh di seluruh Indonesia, terutama ibu atau bundo kanduang yang ada di kabupaten Agam. Ia berharap peringatan hari ibu ke-89 ini dijadikan momen untuk mengenang kembali perjuangan kaum wanita yang mempunyai cukup andil dalam pebangunan negara Indonesia.

“Amanatnya, bagaimana ketika memperingati hari ibu menjadi momen untuk mengenang kembali perjuangan kaum wanita yang cukup andil dalam pembangunan negara, semangat juangnya itu kita ambil,” ujar Ibu enam orang anak itu.

Tak hanya itu, istri wakil bupati Agam itu juga berharap, agar para ibu dapat memberikan kontribusi positif ditengah-tengah masyarakat,”ibu-ibu, kaum wanita ditengah lingkungan masyarakat harus memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat, bukan menjadi beban,” tegasnya.

(Jaswit)

To Top