Kaba Terkini

Agam Siap Luncurkan Program NES

Lubuk Basung, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam bersama Bank Nagari melaksanakan rapat persiapan untuk peluncuran program Nagari Elok Sejahtera (NES) di Aula II Kantor Bupati Agam, Rabu (13/12). Rapat tersebut dipimpin Asisten II Sekab Agam Isman Imran, didampingi Kepala Bank Nagari cabang Lubuk Basung Ulya, dan diikuti oleh perwakilan dari OPD terkait.

Kepala Bank Nagari cabang Lubuk Basung, Ulya, mengatakan Nagari Elok Sejahtera ini merupakan program ketahanan pangan dari Pemerintah Provinsi Sumbar melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bank Nagari sebagai pelaksana program tersebut.

“Program NES di Agam ini merupakan yang kedua di provinsi Sumbar, dimana sebelumnya telah dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar. Untuk Agam sendiri memiliki tema yaitu integrasi perternakan sapi dan perkebunan kelapa sawit,” kata Ulya kepada kaba12.com.

Ulya juga mengatakan nanti dari Bank Nagari sendiri juga akan memberikan bantuan kepada anak-anak dari peternak yang masih duduk dibangku pelajar mulai dari SD-SLTA. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan bantuan sarana produksi padi (Saprodi) kepada para petani. “Nanti kita juga memberikanCoorporate Social Responsibility (CSR) bedah rumah yang akan diserahkan Pemda Agam,” ujarnya.

Asisten II Sekab Agam, Isman Imran, mengatakan pemerintah sudah siap untuk melaksanakan peluncuran program NES. Ia mengungkapkan pihaknya akan melakukan persiapan pada lokasi baik dari dekorasi pentas, maupun sarana dan prasarana yang dibutuhkan pada kegiatan launching program NES ini.

Ia menyebut  peluncuran sendiri akan dilaksanakan di GOR Rang Agam pada hari Sabtu (15/12) mendatang. Kegiatan ini juga akan dihadiri oleh Gubernur Sumbar, OJK, dan tokoh-tokoh masyarakat, serta seluruh komponen yang terkait dengan program ini.

“Kita juga akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiaran seperti pameran yang diikuti oleh UMKN, dan juga dari mitra pemerintah. Kita berharap UMKM ini mempunyai produk yang memiliki daya jual lebih baik,” jelas Isman Imran.

Ia menyebut, selain pameran, nanti juga ada kontes ternak yang akan diikuti oleh peternak sapi dari empat kecamatan yaitu Lubuk Basung, Ampek Nagari, Palembayan, dan Tanjung Mutiara, dimana setiap kecamatan akan mengirim 8 ekor sapi dengan total 32 ekor.

(Virgo)

To Top