Kaba Pemko Bukittinggi

Peserta PPRA Lemhanas Kenali Budaya dan Pariwisata Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) ke 56 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) dari negara sahabat, mengunjungi kota Bukittinggi, Rabu (05/07). Rombongan diterima langsung oleh Wakil Walikota, Irwandi didampingi Forkopimda dan sejumlah kepala OPD.

Peserta PPRA ke 56 berasal dari Malaysia, Srilanka, Saudi Arabia, Laos, Zimbabwe, Singapura, Fiji, Kamboja, Vietnam, Pakistan dan Timor Leste serta rata-rata dengan kepangkatan letnan kolonel hingga bintang satu.

Pimpinan rombongan Laksamana Muda TNI Yulhastihar menjelaskan kegiatan pengenalan budaya dan objek wisata di Sumbar bertujuan untuk mengenalkan budaya lokal di mancanegara.

“Kegiatan ini menjadi salah satu metode pendidikan yang dikembangkan Lemhanas guna mempererat hubungan Indonesia dengan negara-negara sahabat,” jelasnya.

Pada pertemuan tersebut, Wakil Walikota, H. Irwandi memaparkan kondisi Bukittinggi dari sisi kemasyarakatan dan latar belakang adat serta budaya.

Dalam melaksanakan pembangunan dan kemasyarakatan, pemko berkolaborasi dengan tokoh-tokoh pemangku adat, seperti ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, terutama dalam penyusunan perencanaan melalui musyawarah mencapai mufakat.

“Pariwisata kita bersendi agama dan adat, tidak bisa ditawar lagi, iklim yang sangat bersahabat dan keindahan alam merupakan unggulan utama. Sejauh ini, kepariwisataan telah memberi kontribusi sekitar 65 persen terhadap PAD Bukittinggi. Ke depan kontribusi besar itu terus bakal dikembangkan,” ungkapnya.

Irwandi juga mengharapkan peserta PPRA Lemhanas dari Negara-negara sahabat tersebut membantu mengenalkan Bukittinggi di negaranya masing-masing.

Usai pertemuan, peserta mancanegara mengunjungi taman Panorama dan Lubang Jepang serta Jam Gadang dan santap siang di Los Lambuang. Kehadiran para perwira berbagai negara dengan seragam dinas masing-masing mengundang atensi pengunjung pasar. Para peserta itupun menyapa warga yang belanja dengan bahasa Indonesia yang ramah.

(Ophik)

To Top