Kaba Pemko Bukittinggi

Peserta Diklatpim IV Bukittinggi Upacara di Malang

Malang, KABA12.com — Walau melaksanakan tugas ke luar daerah, aparatur sipil negara (ASN) dari Bukittinggi, tetap laksanakan upacara bendera di daerah tujuan.

Seperti yang dilaksanakan peserta Diklat Kepemimpinan tingkat IV Angkatan I Pusdiklat Regional I Kemendagri Bukittinggi, di Pelataran Parkir Hotel Grand City Batu, Malang, Kamis (17/08) lalu.

Peserta upacara diikuti sekitar 50 orang. Terdiri dari peserta Diklatpim IV angkatan I 30 orang dari Bukittinggi dan 5 orang dari Agam, pendamping dari widyaiswara, BPSDM Sumbar, sekretaris BKPSDM Bukittinggi Aguslim serta semua karyawan dan manajemen hotel Grand City Batu Malang yang  memfasilitasi acara. Sedangkan perangkat upacara disediakan peserta diklat.

Bertindak selaku pembina upacara, Surya dari Kominfo Bukittinggi, Komandan upacara Havid Febrian dari Bagian Humas Bukittinggi dan pengibar bendera, Trio Lurah Guguk Panjang yaitu Andri, Rusdi Yanto dan Syaiful.

Public Relation hotel Grand City Batu Malang, Ratna Novita, mengapresiasi ide dari peserta diklat. Sebelumnya belum pernah peserta diklat atau tamu lainya yang  melaksanakan upacara seperti itu.

“Hal ini sangat bagus sebagai bentuk nasionalisme peserta dan membangkitkan rasa nasionalisme dari yang lain. Sehingga semua karyawan pun ikut upacara bendera,  kedepan, tamu atau peserta lain bisa melakukan upacara lagi disini,” ucapnya.

Sementara pendamping, Khalid Effendi,  mengapresiasi hal ini, apalagi dilakukan diluar kampus diklat dan dalam momentum yang tepat. “Upacara bendera dilaksanakan oleh peserta diklat secara spontan tanpa persiapan dan rencana sebelumnya,” jelasnya.

Kedatangan rombongan ke kota Malang dalam rangka “benchmarking to best practice ke Pemko Batu Malang”.

Tujuannya untuk membekali peserta dengan kemampuan mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi yang memiliki best practice dalam pengelolaan program, melalui pembelajaran benchmarking knowledge replication dan knowledge costumization.

(Ophik)

To Top