Kaba Bukittinggi

Peringatan Detik Detik Proklamasi Dirasakan Warga Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, juga dirasakan langaung masyarakat, khususnya di Kota Bukittinggi. Pada umumnya setiap persimpangan jalan, mobil yang memiliki sirine membunyikan sirine dan aktifitas jalan raya dihentikan sementara.

Pj Sekda Bukittinggi, Rismal Hadi, selaku Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT RI ke 76 Kota Bukittinggi, menjelaskan, pada masa pandemi ini, memang upacara pengibaran bendera di Bukittinggi dimajukan waktunya pada pukul 07.00 WIB. Pada pukul 10.00 WIB, Wali Kota dan Wakil Wali Kota bersama Unsur Forkopimda, mengikuti upacara detik detik proklamasi secara virtual, Selasa (17/08).

“Untuk Kota Bukittinggi, masyarakat juga bisa merasakan langsung. Ditandai dengan membunyikan sirine selama 3 menit, pada pukul 10.17 WIB. Mobil pemko, TNI-Polri, yang memiliki sirine, membunyikan sirine nya di setiap persimpangan jalan dan aktifitas jalan raya dihentikan sementara,” jelasnya.

Suasana khidmad dirasakan warga Bukittinggi, baik yang berada di perjalanan dan juga di rumah masing masing. Sehingga detik detik proklamasi kemerdekaan Indonesia, dirasakan juga oleh seluruh rakyat Indonesia, khususnya warga Bukittinggi.

“Setelah sirine dibunyikan selama tiga menit, selanjutnya juga dinyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian setelah itu, aktiftas jalan raya kembali dilanjutkan,” tambahnya.

Salah seorang warga Bukittinggi, Nurlena, mengaku terharu dengan kegiatan peringatan HUT EI ke 76 ini.

“Kami sangat terharu. Detik detik proklamasi dapat dirasakan langsung. Ini sangat luar biasa. Dirgahayu Indonesia ke 76,”ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

(Ophik)

To Top