Kaba Terkini

Perempuan Inspiratif Agam Dirikan Rumah Baca

Lubukbasung, KABA12.com — Sry Eka Handayani, warga Aro Kandikir, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam berhasil mendirikan sebuah Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang diberi nama Rumah Baca Anak Nagari (RBAN).

Sry Eka Handayani, Rabu (25/9) mengatakan, TBM yang sudah diresmikan 2017 lalu, berdiri begitu sederhana dengan modal 200 buku dan disusun di atas dua rak dalam ruangan 3×4 meter. Buku adalah hasil koleksi pribadi dan anak sulungnya sejak 2014.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya banyak buku didonasikan oleh orang-orang yang peduli dengan gerakan literasi. Sehingga jumlah buku di RBAN sudah cukup banyak dan disusun sesuai kelompok atau DDC perpustakaan.

Tentunya saat mendirikan TBM, Sry Eka Handayani mengalami tantangan. Karena banyak orang-orang yang pesimis dengan kegiatan yang dirintisnya.

‘’Namun dengan banyaknya prestasi yang diraih, perubahan paradigma terlihat jelas di tengah masyarakat. Sebelumnya tidak mengizinkan anaknya untuk bergabung, sekarang para orang tua telah mengantarkan anaknya sendiri,” katanya

Ditambahkan, Sry Eka Handayani TBM sudah mengalami banyak perubahan, mulai dari ruangan, jumlah buku, program-program inovatif, kreatif dan berkesinambungan.

Sehingga Sry Eka Handayani berhasil menjadi perempuan inspiratif tingkat Kabupaten Agam yang dilombakan Agustus 2019. Bahkan saat ini, ia mewakili Agam dalam lomba perempuan inspiratif tingkat Sumbar.

(Virgo/*)

To Top