Kaba Terkini

Percepatan Jadi Nagari Defenitif, 5 Nagari Persiapan di Lubukbasung Studi Tiru ke Solsel

Sangir, kaba12.com — Tim khusus dari 5 nagari persiapan dalam wilayah nagari Lubukbasung, masing-masing Nagari Persiapan Kandih Siguhung, Nagari Persiapan Parik Panjang, Nagari Persiapan Sangkia, Nagari Persiapan Surabayo dan Nagari Persiapan Sungai Jariang gelar studi tiru ke Nagari Lubuak Gadang dan Nagari Lubuak Gadang Utara, kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan.

Tim studi tiru masing-masing diikuti pj.walinagari persiapan Surabayo Indranova Dt.Panduko Basa, pj.walinagari persiapan Sungai Jariang Meirizal, pj.walinagari persiapan Parik Panjang Suhendri, pj.walinagari persiapan Kandih Siguhung Gustiwarman, pj.walinagari persiapan Sangkia Gusmardi, walijorong IV Surabayo Rino Syamna Putra bersama para staf kantro nagari persiapan itu, sepenuhnya untuk memaksimalkan kesiapan 5 nagari persiapan yang saat ini tengah dalam proses pemekaran dari nagari induk Lubukbasung.

Rombongan 5 penjabat walinagari persiapan tersebut disambut hangat Abdul Abbas, camat Sangir di aula kantor nagari Lubuak Gadang, didampingi walinagari Lubuak Gadang Ultra Dinata dan pj.walinagari Lubuak Gadang Utara Jhoni Pardilo, bersama perangkat nagari setempat.

Dalam sambutan selamat datangnya Abdul Abbas, camat Sangir menyebutkan, Nagari Lubuak Gadang Utara,yang menjadi objek studi tiru rombongan 5 pj.walinagari persiapan di nagari Lubukbasung itu, masuk dalam proses pemekaran tahap pertama dari dua tahapan yang akan dilakuan dengan 5 nagari yang sudah defenitif.

Disebutkan, saat ini nagari pemekaran yang sudah defenitif tersebut, sudah mampu mandiri, bahkan sudah berkembang dengan baik, melaksanakan berbagai program pemerintahan nagari terutama pelayanan terhadap masyarakat.

Sementara dari rombongan 5 nagari persiapan pemekaran nagari Lubukbasung itu, banyak menanyakan berbagai aspek berkaitan dengan regulasi, tahapan yang dilakukan sampai penetapan dan pengesahan oleh pemerintah, serta proses yang dilakukan terkait dengan batas wilayah dengan nagari lain, yang disarikan dengan lugas oleh camat Sangir dan walinagari Lubuak Gadang itu.

Menurut Indranova Dt.Panduko Basa dan Meirizal, pj.walinagari persiapan Surabayo dan Sungai Jariang, didampingi Suhendri, Gustiwarman, Gusmardi dan Rino Syamna Putra, studi tiru itu digelar pihaknya atas izin bupati Agam bersama camat Lubukbasung dan walinagari Lubukbasung itu, sepenuhnya untuk mengadopsi lebih banyak pengalaman terkait dengan tahapan yang dilakukan jajaran pemerintah nagari persiapan Lubuak Gadang Utara yang saat ini sudah menjadi nagari defenitif.

“Kami berharap, 5 nagari persiapan yang dimekarkan dari nagari Lubukbasung itu bisa segera dikukuhkan menjadi nagari defenitif, sehingga bisa semakin maksimal memberi pelayanan dan menyiapkan program pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat, “sebut Meirizal.

Rombongan studi tiru dari 5 nagari persiapan tersebut, selain berdiskusi tentang beragam hal terkait dengan program pembangunan nagari itu, rombongan dari nagari Lubukbasung itu juga mengundang secara khusus jajaran kecamatan dan nagari yang ada di kecamatan Sangir itu ke Lubukbasung yang ditutup dengan penyerahan cenderamata dan oleh-oleh khas dari masing-masing nagari.

“ Alhamdulillah, kami disambut dan dijamu khusus oleh dunsanak kita di Sangir, sebagai wujud jalinan silaturrahmi yang kokoh antar dua daerah, “ sebut Gustiwarman dan Rino Syamna Putra.

HARMEN

To Top