Kaba Terkini

Perbanyak Makanan Bergizi & Berserat Selama Puasa

Bukittinggi, KABA12.com — Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Bukittinggi mengajak semua masyarakat memperbanyak mengkonsumsi makanan bergizi dan berserat guna memberikan energi yang cukup saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1438 Hijriah.

Kadinkes, Yandra Fery menjelaskan, makan dengan menu bergizi dan berserat saat sahur perlu diperhatikan. Sehingga tubuh tetap sehat dan fit sampai waktu berbuka puasa.

“Konsumsi makanan yang bergizi dan berserat terutama saat sahur itu penting,” tegasnya saat diwawancarai KABA12.com di ruang kerjanya.

Misalnya, lanjut Fery, dengan makan makanan yang mengandung karbohidrat, terutama nasi. Kemudian, memperbanyak konsumsi protein serta buah-buahan dan sayur mayur.

“Kelompok makanan nabati kaya akan serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu sayur dan buah juga mengandung banyak air serta mineral yang menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan,” ungkapnya.

Ia menambahkan banyak manfaat beribadah puasa dari segi kesehatan, misalnya meningkatkan kemampuan otak, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol, serta dapat mengurangi kebiasaan buruk, dan mengontrol berat badan.

“Banyak manfaat berpuasa, yang jelas pola makan jadi teratur, saat sahur dan berbuka puasa,” tutupnya.

(Jaswit)

To Top