Kaba Terkini

Pengurus KAN Paninjauan Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Paninjauan, KABA12.com — Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya periode tahun 2022-2025 resmi dilantik oleh Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Agam.

Prosesi pelantikan pengurus KAN tersebut berlangsung di Pasar Paninjauan, Kamis (27/1).

Kegiatan itu turut dihadiri Bupati Agam Andri Warman, Kepala DPMN Agam Asril, Camat Tanjung Raya Handria Asmi, Dinas Kebudayaan Sumbar, BPNB Sumbar, Forkopimca, walinagari, niniak mamak, bundo kanduang, dan undangan lainnya.

Pengurus KAN Paninjauan masa bakti 2022-2025 ini diketuai oleh H Ediwar Dt Kayo, Wakil Ketua Asmir Dt Parpatiah, Sekretaris April Yanto Dt Rajo Bungsu, dan Bendahara Petris Dt Muncak.

Sedangkan puluhan pengurus lainnya menjabat di berbagai bidang seperti adat (sako dan pusako), bidang agama, sosial- budaya, ekonomi, dubalang adat, dan bundo kanduang.

Ketua LKAAM Kabupaten Agam H Junaidi Dt Gampo Alam Nan Hitam dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para pengurus KAN Paninjauan yang telah dilantik secara resmi.

Ia berharap, lembaga kerapatan adat nagari tersebut dapat selalu bersinergi dengan pemerintah nagari dalam membimbing masyarakat di bidang adat.

“Selamat kepada pengurus KAN Paninjauan periode 2022-2025 yang sudah dilantik hari ini, semoga bapak ibu bisa menjalankan tugas dan amanah sebaik-baiknya,” katanya.

Ketua KAN Paninjauan Dr H Ediwar Dt Kayo mengatakan, pihaknya akan selalu bersinergi dengan pemerintah nagari Paninjauan dan sesuai dengan visi KAN yaitu mewujudkan tahta kehidupan yang harmonis, agamis, beradat dan berbudaya berdasarkan falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK).

KAN Paninjauan berharap Pemkab Agam, Pemprov Sumbar, dan LKAAM mendukung program KAN dalam melaksanakan pelatihan adat kepada anak dan kemenakan, karena mereka dinilai sangat lemah di bidang pemahaman adat budaya Minangkabau.

“Anak dan kemenakan kita saat ini sangat lemah dalam bidang adat dan pemahaman budaya Minangkabau, maka dari itu mereka perlu diberi pelatihan tentang adat untuk memperkuat karakter para generasi muda tersebut,” ungkapnya.

Bupati Agam Dr H Andri Warman menyebut, kerapatan adat nagari merupakan salah satu lembaga mitra pemerintah terutama dalam melestarikan nilai- nilai adat dan budaya Minangkabau.

Ia berharap dengan kepengurusan KAN Paninjauan yang baru dapat meningkatkan semangat generasi muda dalam mempelajari adat istiadat.

“Kita juga harapkan lembaga KAN ini dapat mendukung segala program pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan Agam yang lebih maju lagi,” katanya.

(Bryan)

To Top