Kaba Bukittinggi

Pemko Lepas Secara Resmi 271 CJH Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Walikota Bukittinggi lepas secara resmi Calon Jemaah Haji dari Kota Bukittinggi tahun 1440 H/ 2019, di Auditorium Perpusnas Bukittinggi, Selasa (09/07). Pada tahun ini, untuk kota Bukittinggi, Jamaah tertua berusia 89 tahun atas nama Jamarun dan jamaah termuda berusia 23 tahun atas nama Nurul Yanas Asuhatri.

Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi, Abrar Munanda, mengatakan, pada awalnya JCH Kota Bukittinggi berjumlah 272 orang. Namun pada tanggal 1 juli kemaren, salah satu dari jamaah Bukittinggi wafat, sehingga jumlah jamaah menjadi 271 orang. Ditambah 2 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan 5 petugas kloter sehingga total JCH mencapai 278 orang.

“CJH Bukittinggi akan tergabung dengan kloter 9 embarkasi haji Padang, bergabung dengan Sawahlunto dan kota Padang. Selanjutnya, di Embarkasi haji Padang, JCH Bukittinggi akan diberangkatkan pada gelombang 1, dari BIM ke Madinah baru menuju Mekah. Di Madinah pemondokan jamaah letaknya di Markaziyah. Sementara di Mekah pemondokan di Sektor 3 di daerah Sisyam, dengan fasilitas bus. JCH Bukittinggi akan berangkat menuju embarkasi Padang pada Sabtu 13 Juli 2019 pukul 7 pagi dan diterima pukul 10. Esoknya lanjut berangkat dari BIM menuju Madinah pukul 09.35 WIB,” jelasnya.

Sebelum berangkat, lanjut Abrar Munanda kegiatan pembinaan dilaksanakan secara mandiri pada masing-masing KBIH, seperti di Masjid Jamik Birugo, Masjid Raya, Masjid Asy Syifa dan IPHI. Selanjutnya JCH telah mengikuti pemantapan bimbingan manasik haji untuk tingkat kota dan juga mengikuti bimbingan manasik haji pada kelurahan dan kecamatan masing- masing.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, berpesan kepada jamaah untuk menjaga kesehatan, karena prosesi ibadah haji sangat berat. Termasuk juga menjaga pola makan dan apa yang dimakan nantinya. Apalagi jarak lokasi pemondokan cukup jauh mencapai 5,4 kilo.

“Karena kita berniat beribadah, selesaikan dulu hal-hal yang dirasa mengganggu di rumah. Sehingga jangan terganggu lagi dengan keberadaan rumah yang ditinggalkan. Jaga emosi, jaga hati, sabar, niatkan beribadah. Ikuti petunjuk dari pembimbing. Termasuk jaga kebersamaan, saling memberi dan bekerja sama sesama jamaah karena perjalanan haji memakan waktu sebulan lebih,” ujar Ramlan.

Walikota juga mendoakan, semoga jamaah calon haji berangkat 271 dan pulang kembali 271 orang, dalam keadaan sehat, cukup dan tidak kurang satu apapun. Ramlan pun berharap, para CJH juga mendoakan pemerintah, masyarakat dan kota Bukittinggi, menjadi kota yang aman, baik dan maju, jauh dari marabahaya dan ancaman yang merongrong masyarakat. Pemko akan mempersiapkan 7 bus pada keberangkatan tanggal 13 Juli menuju Padang.

(Ophik)

To Top