Kaba Terkini

Pemkab Kampar Pelajari Sistim E-Voting Ke Agam

Agam, KABA12.com — Pemilihan Walinagari (Pilwana)  Agam jadi percontohan bagi daerah lain, seperti  pemerintah kabupaten Kampar,  Riau yang berguru ke  Agam.

Rombongan Pemkab Kampar yang diketuai Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ranayus mengatakan, kedatangannya ke kabupaten Agam untuk mempelajari  pilwana/pilkades  menggunakan sistem e-voting.

“Akhir tahun 2017 Kampar juga akan  Pilkades di 60 desa. Karena Agam sudah dahulu melakukan pemilihan dengan sistem e-voting, jadi kami mencari ilmunya kesin agar pilkades di kabuoaten Kampar dapat berjalan lancar seperti di Agam,” ujarnya saat meninjau  Pilwana di nagari Biaro Gadang, kecamatan Ampek Angkek, Sabtu (29/07).

Dalam diskusi rombongan Kampar bersama Wakil Bupati dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Rahmad Lasmono menjabarkan, pilwana dengan sistem e-voting dilakukan dalam keadaan offline.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi peretasan sistem dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Sistem e-voting berjalan dalam keadaan jaringan offline, agar tidak mudah diretas atau dibobol oleh pihak lain. Sistem akan dikoneksikan dengan jaringan internet ketika  report hasil pemilihan,” ujar Rahmad Lasmono.

Perangkat e-votuing yang disediakan seperti, Scan finger KTP beserta laptop, smart card v-token beserta laptop, dan satu unit komputer layar sentuh.

Dijelaskan hanya dalam waktu satu menit masyarakat dapat memberikan hak pilihnya. Warga datang membawa e-KTP atau KK untuk verifikasi identitas, kemudian warga tersebut diberi smart card v-token dan masuk kedalam bilik suara untuk memilih calon walinagari pilihannya.

” Cukup dengan menyentuh foto calon lalu klik Ya berwarna hijau, struk kertas suara secara otomatis akan keluar, lalu mengambilnya dan dimasukkan ke kotak audit,” jelasnya pada rombongan Pemkab Agam.

Pilwana sistem e-voting di kabupaten Agam digelar di 28 nagari sejak Minggu (16/07) lalu. Akibat keterbatasan alat, pemilihan Walinagari itu dilakukan dalam lima  tahap, dan telah berakhir pada hari ini, Sabtu (29/07).

(Jaswit)

To Top