Kaba Agam

Pemkab Agam Inginkan Lulusan SMKN 2 Ciptakan Usaha Mandiri

Lubukbasung, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam melalui Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Jetson, mengapresiasi langkah yang dilakukan pihak SMK Negeri 2 Lubukbasung dalam menjalin kemitraan dengan dunia usaha/industri (Dudi).

Hal itu disampaikan Jetson usai mengikuti Rakor Jejaring Industri Mitra SMKN 2 Lubukbasung, Kamis, (08/08).

Menurut mantan Asisten Sekda Agam itu, langkah yang dilakukan SMKN 2 mendekatkan diri dengan Dudi, merupakan suatu kesempatan bagi sekolah mereview kurikulum sekolah dalam mengevaluasi kompetensi anak untuk melengkapi pasar kerja Agam secara khusus, Sumbar maupun Nasional.

Jetson juga menyebutkan, pihak sekolah perlu mentransformasi pemikiran siswa untuk menempati pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimiliki.

“Setelah kita analisis ternyata memang tamatan SMA belum memiliki keahlian untuk bersaing dalam pasar kerja, jadi ini suatu koreksi bagi kita, bagaimana menyiapkan tamatan SMK yang betul-betul memiliki kompetensi di bidang keahlian mereka masing-masing, sehingga begitu siswa lulus, mereka betul menguasainya,” ujar Jetson.

Tak hanya itu, mantan Sekwan Agam ini juga menyebut jiwa berusaha lulusan sekolah menengah sederajat saat ini sangatlah rendah.

“Jiwa berwirausaha juga sangat rendah sekali. Mereka masih menganggap mereka lulus sekolah harus masuk mendapatkan bekerja di dunia usaha/industri. Padahal, kita maunya mereka yang mempunyai kompetensi dan skill khusus, mereka bisa membangun kerja sendiri, menjadi tenaga kerja mandiri, bikin lapangan usaha sendiri.

“Jadi kita harap pihak sekolah dapat mentransformasi pemikiran siswa bahwa tamatan SMK harus punya skill. Karena mereka belajar di sekolah selama tiga tahun dengan ilmu terapan, jadi harus ada yang mereka kuasai secara skill,” tegas Kepala DPMPTSP Naker Agam itu.

(Jaswit)

To Top