Kaba Terkini

Pemkab Agam Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Lubukbasung, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam bersama para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada hari ini, 1 Juni 2019 mengikuti upacara memperingati Hari Lahir Pancasila. Meski dalam suasana libur mudik Lebaran Idul Fitri, pelaksanaan upacara berlangsung khidmat di halaman kantor Bupati Agam di Lubukbasung.

Bertindak sebagai pembina upacara Bupati Agam Indra Catri dengan menggunakan seragam jas hitam, kopia hitam, berdiri tegap diatas mimbar upacara.

Sementara ASN, peserta upacara dengan kompak menggunakan seragam korpri warna biru dan petugas operasional lainnya lengkap mengenakan pakaian dinas masing-masing.

Menurut Bupati Agam Indra Catri yang membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono mengatakan, Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang di gali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologi dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang yang inklusif.

“Pancasila harus diamalkan dalam kehidupan sehari hari. Memperingati dan merayakan hari Pancasila suatu keniscayaan, mengenang momentum sejarah Pancasila sebagai dasar negara,” ujar Bupati.

Turut hadir dalam peringatan hari kelahiran Pancasila tersebut, Wakil Bupati Agam, unsur Forkopimda Plus Agam, Sekretaris Daerah beserta Asisten, Kepala OPD, Kepala Cabang Bank Nagari Lubukbasung, serta diikuti seluruh ASN yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Agam.

(Jaswit)

To Top