Kaba Terkini

Pemkab Agam Gelar Pasar Murah di Maninjau

Maninjau, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) bekerjasama dengan Perum Bulog mengadakan bazar pasar murah untuk masyarakat Kecamatan Tanjung Raya, Senin (5/12).

Pasar murah yang dipusatkan di halaman kantor KAN Maninjau ini menyediakan sejumlah kebutuhan bahan pokok seperti beras, cabai merah keriting, telur, bawang merah, dan minyak goreng kemasan.

Kabid Ketersedian Pangan DPKP Agam, Didik Nugrahadi menyebut, bazar pasar murah digelar sebagai langkah menanggulangi dampak inflasi yang sedang terjadi. Pada kegiatan ini, pihaknya menyediakan kuota 400 paket bahan pokok yang diperuntukkan bagi masyarakat umum.

“Kuotanya ada 400 paket yang disediakan di setiap kecamatan. Untuk 1 paket bahan pokok terdiri dari telur 1 papan, bawang merah 1 kg, cabai merah keriting 1/2 kg, beras 5 kg, dan minyak goreng kemasan 2 liter,” ujarnya kepada wartawan, Senin.

Ia mengatakan, masyarakat yang ingin membeli lima bahan pokok itu cukup membawa fotocopy KK ke lokasi dan mengambil nomor antrian Kemudian menyerahkan uang tunai sebanyak Rp 140 ribu kepada petugas untuk mendapatkan 1 paket bahan pokok.

“Persyaratannya adalah membawa fotocopy KK sebagai bukti administrasi dan menyerahkannya ke petugas,” katanya.

Pelaksanaan operasi pasar murah ini DPKP bersama Perum Bulog mensubsidi harga 1 paket komoditi bahan pokok sebesar Rp 65 ribu. Untuk harga normal, kelima bahan pokok itu diperkirakan dijual pedagang dengan harga Rp 205 ribu. Namun pada pasar murah ini, dijual dengan harga Rp 140 ribu per paket.

“Kita berikan subsidi Rp 65 ribu dalam pasar murah ini, sehingga masyarakat cukup membayar Rp 140 ribu untuk mendapat 1 paket bahan pokok terdiri dari 5 jenis komoditi,” jelasnya.

Ia berharap, operasi pasar murah yang digelar saat ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak inflasi, termasuk bisa mempengaruhi harga bahan pokok yang sedang naik.

“Diharapkan juga pasar murah mampu menurunkan harga bahan kebutuhan pokok di pasaran,” katanya.

Diketahui, pasar murah yang digelar di Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya merupakan lokasi keempat setelah sebelumnya juga diselanggarakan di tempat lain seperti Kecamatan Tanjung Mutiara, Ampek Nagari, dan Ampek Koto.

Kegiatan ini, akan terus menyasar ke 16 kecamatan yang ada di Agam dengan jumlah kuota bahan pokok yang disediakan sebanyak 6.400 paket.

(Bryan)

To Top