Kaba Bukittinggi

Pembinaan 10 Program Pokok PKK di Kelurahan Ladang Cakiah

Bukittinggi, KABA12.com — Ketua TP PKK Bukittinggi serta sejumlah pengurus lainnya, berikan pembinaan kepada kader PKK dan dasawisma di kelurahan Ladang Cakiah, Selasa (22/10). Pembinaan dititikberatkan pada pemahaman 10 program pokok PKK.

Ketua TP PKK Bukittinggi, Ny. Yesi Endriai Ramlan, menjelaskan, PKK menjadi bagian tak terpisahkan dari pemerintahan. Dimana program pemerintah itu ada dalam kegiatan 10 Program Pokok PKK. Untuk itu, peran kader sangat penting dan cukup strategis sebagai perpanjangan pemerintah dalam kegiatan sosial, ekonomi, agama, kebudayaan dan lainnya.

“Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan. Dari keluarga yang sejahtera ini, maka tata kehidupan berbangsa dan bernegara akan dapat melahirkan ketentraman, keamanan, keharmonisan dan kedamaian. Dengan demikian, kesejahteraan keluarga menjadi salah satu tolok ukur dan barometer dalam pembangunan,” ungkap Yesi.

Lebih lanjut, Ketua TP PKK mengapresiasi segenap jajaran pengurus PKK, mulai dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan, RW, RT dan dasawisma, atas kegiatan yang telah dilakukan selama ini untuk mendukung program Pemerintah Kota Bukittinggi dalam meningkatkan kualitas hidup di Kota Bukittinggi ini.

Dalam pembinaannya, kader di kelurahan, diberikan pemahaman terkait kelengkapan administrasi program Pokja I sampai dengan IV.

“Semua kegiatan pasti tertumpu pada administrasi yang baik, pengelolaan dokumentasi mulai dari foto kegiatan dan notulen kegiatan serta absensi sebagai bukti otentik dan nyata kegiatan di lapangan. Ini sangat penting dan haris dilaksanakan oleh setiap kader,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Yesi Endriani juga berharap, penyuluh Agama di masing- masing kelurahan dapat menjadi bagian dari pengurus pokja I TP PKK Kelurahan seperti Pokja IV kelurahan sekarang dijabat bidan puskeskel.

“Sehingga kegiatan keagamaan kita semakin meningkat layaknya kegiatan program kesehatan yang berkembang dengan baik,” tambahnya.

Sejauh ini peran aktif TP PKK di seluruh pelosok Kota Bukittinggi sudah sangat dirasakan yang meliputi berbagai bidang di masyarakat. Seperti bidang pendidikan, PKK telah berperan dalam membentuk karakter generasi penerus dengan adanya Sekolah Keluarga dengan mengembalikan 8 fungsi keluarga.

“PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan keluarga. Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin, Kami optimis, apabila 10 program pokok tersebut sudah membudaya, maka pkk dapat menjadi pilar yang kokoh yang tidak hanya terfokus pada kesejahteraan, namun pkk juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan keluarga berencana,” ulas Yesi.

(Ophik)

To Top