Kaba Terkini

Pegawai-Narapidana Rutan Kelas IIB Maninjau Jalani Vaksinasi Booster

Maninjau, KABA12.com — Sejumlah pegawai dan narapidana Rutan Kelas IIB Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam menjalani vaksinasi ketiga atau booster, Rabu (23/2) kemarin.

Pemberian dosis vaksin ketiga yang digelar di rutan setempat bekerjasama dengan petugas Puskesmas Maninjau.

Kepala Rutan Kelas IIB Maninjau, Desrianto mengatakan, pelaksanaan vaksinasi booster bagi pegawai dan narapidana merupakan komitmen dan ikhtiar bersama dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah, kemarin kita sudah lakukan vaksinasi booster kepada beberapa pegawai dan narapidana di Rutan Maninjau. Totalnya ada 14 orang yang mengikuti vaksin ketiga, dengan rincian 10 orang pegawai, dan 4 orang narapidana,” ujarnya kepada KABA12.com, Kamis (24/2).

Ia menyebutkan, pemberian vaksin booster terhadap seluruh pegawai dan narapidana akan dilakukan secara bertahap, mengingat ketentuan jarak dengan vaksinasi kedua belum melebihi 6 bulan.

“Vaksinasi booster ini akan dilakukan secara bertahap kepada pegawai dan narapidana disini. Karena dalam ketentuannya vaksin ketiga dapat diberikan jika sudah disuntik dua kali dengan jarak minimal 6 bulan,” katanya.

Ia menambahkan, program vaksinasi ketiga tersebut juga diharapkan dapat menambah kekebalan tubuh secara optimal, sehingga lebih terlindungi dari paparan Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan vaksin booster ini bisa meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat mencegah penularan Covid-19 terutama varian Omicron,” ungkapnya.

Pihak rutan sendiri juga melakukan langkah- langkah antisipasi penyebaran Covid-19 dengan berbagai cara, misalnya menerapkan protokol kesehatan secara ketat, vaksinasi bagi narapidana dan pegawai, hingga penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan secara berkala.

(Bryan)

To Top