Kaba Terkini

PDAM Agam Gelar Workshop RT3

Lubuk Basung, KABA12.com — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan Agam dengan dukungan bantuan dari Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedian Air Minum (BPPSPAM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat gelar Workshop Penyusunan Business Plan dan Rekomendasi Tindak Turun Tangan (RT3) di aula Hotel Sakura Syari’ah, Selasa (21/11).

Workshop yang diikuti OPD terkait, Komisi II DPRD Agam, Dewan Pengawas, staf PDAM Tirta Antokan dan perwakilan pelanggan PDAM tersebut dibuka Bupati Agam yang diwakili Asisten Pembangunan Perekonomian dan Kesra, Isman Imran.

Direktur PDAM Tirta Antokan, Endrimelson, menjelaskan, tujuan dari Workshop Penyusunan Business Plan dan RT3 untuk tahun 2017-2022 ini adalah sebagai acuan untuk menentukan program secara bertahap dan komprehensif dalam program tahunan.

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk mengevaluasi dan mengukur kinerja PDAM Tirta Antokan, sekaligus untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi baik secara internal maupun external,”ujarnya.

Sementara itu, Tim dari BPPSPAM, Ahmad Noval, mengatakan, berdasarkan evaluasi dari BPP SPAM pada tahun 2016, dari 378 PDAM terdapat 209 PDAM berkinerja sehat dan PDAM Tirta Antokan termasuk salah satu PDAM sehat.

Sedangkan untuk 103 PDAM berkinerja kurang sehat dan 66 PDAM berkinerja sakit.

“Untuk mencapai target 100% cakupan pelayanan diperlukan PDAM untuk mampu berinvestasi dengan baik melalui dana PDAM sendiri maupun melalui kerjasama dengan badan usaha. Sesuai dengan evaluasi kinerja PDAM berdasarkan empat aspek yakni, aspek keuangan, aspek operasional, aspek pelayanan dan aspek SDM,”ujarnya.

Asisten Pembangunan Perekonomian dan Kesra, Isman Imran memberikan apresiasi kepada PDAM Tirta Antokan atas hasil evaluasi kinerja PDAM yang kinerjanya tergolong sehat dan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Semoga apa yang telah dicapai ini dapat terus dipertahankan dan lebih baik bisa ditingkatkan setiap tahunnnya, ”ujarnya.

Isman Imran, berpesan kepada para peserta workshop Penyusunan Business Plan dan RT3 untuk dapat merumuskan Business Plan ini dengan baik dan dapat dilaksanakan seperti yang seharusnya, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Agam.

“Saya berpesan agar semakin terpadu dan satu pandangan para stekholder dalam program pembangunan air minum, kedua semakin luasnya cakupan PDAM dan pelayanan yang handal dan juga dapat memberikan dukungan pada sektor lain sesuai dengan visi dan misi daerah Agam,”ujarnya.

(Ardi)

To Top