Kaba Agam

PBM Tatap Muka Digelar, SMKN 1 Tanjung Raya Targetkan 60 Persen Siswa Divaksin

Maninjau, KABA12.com — Proses belajar mengajar (PBM) secara tatap muka di SMKN 1 Tanjung Raya, Kabupaten Agam sudah dimulai sejak pekan kedua Agustus 2021 lalu. Pihak sekolah juga mengakui bahwa pelaksanaan PBM tatap muka dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan ketat.

Kepala SMKN 1 Tanjung Raya, Permi, S.Pd mengatakan, selain menerapkan protokol kesehatan ketat, sebagian guru atau tenaga pendidik juga telah mengikuti vaksinasi Covid-19. Ia menyebut, vaksinasi bagi guru merupakan salah satu syarat untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Sekarang sudah 75 persen guru disini yang sudah divaksin Covid-19. Sisanya belum vaksinasi melaksanakan karena alasan mengidap penyakit komorbid seperti jantung, ginjal, paru-paru, dan lainnya yang telah dibuktikan dengan surat dari dokter spesialis,” kata Permi, S.Pd saat dikonfirmasi KABA12.com, Kamis (16/9).

Ia menyebutkan, pihaknya juga akan melaksanakan vaksinasi bagi para siswa guna meningkatkan kekebalan tubuh atau herd immunity, sehingga mampu mengantisipasi penularan Covid-19.

Sekolah yang memiliki 1.015 pelajar dengan 6 jurusan, dan 10 kompetensi keahlian itu saat ini tengah melakukan sosialisasi tentang vaksinasi kepada siswa. Ditargetkan sebanyak 60 persen siswa dari jumlah tersebut dapat mengikuti vaksinasi.

“Saat ini kita masih dalam sosialisasi tentang vaksinasi kepada siswa. Kita targetkan 60 persen siswa bisa divaksin, agar target herd immunity bisa tercapai. Kalau lebih dari itu, juga lebih bagus,” ujarnya.

Ia menambahkan, target 60 persen itu diambil karena menyesuaikan dengan kondisi siswa yang tidak seluruhnya bisa divaksin. Sebab, kemungkinan dari mereka juga mengidap penyakit komorbid, sehingga tidak layak untuk divaksin.

Lebih lanjut dikatakan, jika sosialisasi dan pendataan siswa yang akan divaksin selesai, maka pihak kepolisian dari Polres Agam bersama Dinas Kesehatan akan segera melakukan vaksinasi di sekolah.

“Kalau sosialisasi dan pendataannya selesai, kita akan segera lakukan vaksinasi gratis bagi siswa dalam waktu dekat. Kemungkinan masih dalam bulan September ini,” ucapnya.

Pemberian vaksin bagi siswa, kata dia, juga harus melalui izin orang tua. Ia berharap agar para orang tua dapat memberikan izin anaknya
untuk mendapatkan vaksinasi demi kebutuhan kesehatan, serta mendukung program pemerintah dalam melawan pandemi Covid-19.

Sementara itu, pembelajaran tatap muka semester ganjil bagi siswa SMKN 1 Tanjung Raya dilaksanakan secara terbatas dari pukul 07.30 WIB hingga 12.00 WIB. Pihak sekolah juga membatasi jam pelajaran, dari normalnya 45 menit menjadi 30 menit per mata pelajaran.

(Bryan)

To Top