Kaba Terkini

Pastikan Kondisi Aman, Rutan Kelas IIB Maninjau Rutin Lakukan Patroli Malam

Maninjau, KABA12.com — Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Rutan Kelas IIB Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, terus rutin melakukan kontrol atau patroli di lingkungan rutan pada malam hari. Kontrol malam itu bertujuan untuk memastikan kondisi tetap aman dan kondusif.

Kepala Rutan Kelas IIB Maninjau Desrianto mengatakan, patroli rutin yang dilakukan pada malam hari itu merupakan salah satu upaya pencegahan dan mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) di lingkungan rutan.

Ia menyebut, kegiatan patroli malam itu dilakukan oleh petugas piket, dengan cara memeriksa seluruh blok hunian narapidana dan pagar tembok lingkungan rutan.

“Kegiatan patroli malam dilakukan secara rutin oleh petugas yang sedang piket dan komandan pengamanan. Salah satu tujuannya adalah guna memastikan kondisi keamanan dalam situasi kondusif,” kata Desrianto kepada KABA12.com, Rabu (25/8).

Menurutnya, upaya pencegahan dan antisipasi dengan melakukan deteksi dini, sangat diperlukan dalam menjaga situasi keamanan yang kondusif. Selain itu, deteksi dini yang dilakukan petugas sekaligus untuk memastikan keamanan dan kenyamanan warga binaan pemasyarakatan atau narapidana.

“Kita berharap kondisi keamanan dapat terus terjaga dengan baik, namun kewaspadaan dalam pengamanan tetap perlu ditingkatkan, agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

(Bryan)

To Top