Agam

Pastikan Hewan Qurban ASUH, Dispertan Agam Turunkan 43 Petugas

Lubukbasung, KABA12.com — Pemerintah kabupaten Agam menurunkan 43 petugas pengawas kesehatan hewan qurban ke masing-masing kecamatan di Agam, menjelang pelaksanaan penyembelihan pada momen Idul Adha 1438 Hijriah.

Kepala Dinas Pertanian Agam Afdhal mengatakan, pengerahan petugas kesehatan ini untuk memastikan hewan dalam kondisi aman, utuh dan halal dikonsumsi masyarakat (ASUH).

“Kita menginginkan  masyarakat menerima hewan qurban yang ASUH, aman, utuh dan halal. Untuk itu kita telah menugaskan 43 petugas kesehatan para medis peternakan untuk melakuan pengawasan ke setiap kecamatan di Agam, yang dimulai dengan sosialisasi terhadap panitia penyelenggara mengenai sitem dan tatacara pemotongan hewan qurban,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mewajibkan seluruh hewan qurban yang akan disembelih memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), Surat Keterangan Status Reproduksi (SKSR) dan Surat Keterangan Kepemilikan dari walinagari.

Hal itu dilakukan guna mengetahui kondisi dan kepemilikan hewan tersebut, ?kita harus mengetahui apakah sapi itu produktif atau tidak, karena pemerintah melarang memotong sapi betina produktif untuk menjaga populasi ternak, disamping daging sapi jantan lebih lebih padat dari sapi betina,? ulasnya.

Afdhal menambahkan, petugas kesehatan hewan qurban tersebut nantinya akan menyasar pasar ternak, pedagang, masjid, dan mushalla satu minggu menjelang hari Raya Idul Adha guna memastikan hewan qurban dalam kondisi ASUH sebelum disembelih dan dibagikan kepada masyarakat.

(Jaswit)

To Top