Agam

Pasar Amur Tidak Berfungsi, Bupati: Diperlukan Peran Maksimal Semua Pihak

Lubukbasung, KABA12.com — Pasar Amur (Amor) Batupalano, Kecamatan Sungaipua, yang terletak di Jalan Raya Padang- Bukittinggi, semula diharapkan mampu menjadi sebuah pasar yang mengharumkan nama Kabupaten Agam, serta meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Namun kini, harapan itu jauh dari kenyataan. Pasar yang diresmikan pemakaiannya pada tahun 2002 lalu oleh Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Alimarwan Hanan itu, menjadi saksi dari sebuah kegagalan sebuah harapan.

Pasar Amur yang kini sepi ditinggalkan pembeli dan pedagang itu, kembali mengapung dalam pembahasan Pemerintah Daerah Kabupaten. Sorotan itu dikemukakan politisi partai Golkar AR. Yutinof saat memberikan pandangan umum tentang Perubahan Perda Nomor 1 tahun 2014 tentang Pengelolaan Pasar yang disampaikan pada rapat paripurna pekan lalu.

Menurut legislator itu, pasar Amur tidak lagi berjalan sebagaimana mestinya dan tidak berfungsi.

“Berkaitan dengan kondisi pasar Amur agam timur yang terkesan tidak berjalan sebagai mana mestinya dan tidak berfungsi, mohon penjelasan Pemda dan alasan tidak berfungsinya pasar tersebut,” ujar AR. Yutinof.

Sorotan dari anggota fraksi partai Golkar Plus PBB itupun ditanggapi langsung Bupati Agam Indra Catri, Senin (15/07) pagi, dalam rapat paripurna dalam pembahasan yang sama.

Dijelaskan Bupati, bahwa masalah Pasar Amur merupakan masalah yang sangat rumit, karena menyangkut berbagai aspek.

“Pasar Amur lahir sebelum berkembang atau lahir prematur. Pasar itu dibangun oleh para pengusaha mikro dan kecil yang bergabung dalam lembaga Koperasi Amur dan bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya, serta menjadi sarana perekonomian Kabupaten Agam khususnya dan Provinsi Sumatera Barat umumnya. Namun, sampai sekarang pasar itu belum berfungsi sebagaimana diharapkan. Permasalahan yang terdapat dalam Pasar Amur ternyata sangat kompleks dan saling berkait satu sama lain. Dan untuk penyelesaiannya diperlukan upaya maksimal dari semua pihak dan harus diselesaikan tuntas, ” jelas Bupati.

(Jaswit)

To Top