Dinas Pertanian Agam

Palembayan Gelar  Sekolah Lapangan Kopi

Palembayan, KABA12.com — Untuk merealisasikan pengembangan potensi kopi di kecamatan Palembayan, Kamis,(07/09) dibuka sekolah lapangan kopi untuk masyarakat.

Pembukaan sekolah lapangan khusus petani kopi itu dibuka di mushalla Koto, Jorong Data Baringin, Nagari Baringin, kecamatan Palembayan.

Seperti dijelaskan camat Palembayan Ade Harlien kepada KABA12.com, kegiatan yang didukung Dinas Perkebunan Sumbar, Hj.  Hasmijati Koto (Perantau Palembayan dan pemerhati kopi nasional) serta Dinas Pertanian Agam itu mendapat respon luas dari masyarakat.

Dijelaskan, peserta sekolah lapangan kopi itu berasal dari petani kopi kecamatan palembayan sebanyak 30 orang yang akan mengikuti pelatihan lapangan selama 3 hari.

Ny.Hj. Hasmijati Koto atau akrab dipanggil  Bunda Neng dalam sambutanya menyebutkan,  sekolah lapangan petani kopi Palembayan ini diharapkan, menjadikan petani kopi yang modern, yang mengangkat nama kecamatan Palembayan dengan brand kopi Palembayan. Ditambahkan, pihaknya mentargetkan, upaya  memajukankan petani kopi Palembayan dengan mengangkat ekonomi masyarakat.

Disebutkann kegiatan ini butuh dukungan setiap pihak apalagi saat ini permintaan terhadap kopi Palembayan, jenis robusta sangat tinggi.

Diharapkan dengan potensi kopi yang luar biasa tersebut, sekaligus untuk mendorong pengembangan potensi luar biasa yang dimiliki Palembayan termasuk mempromosikan wisata halal dengan tema kopi dengan pemandangan danau Maninjau dengan sajian kopi data.

Sementara untuk pemasaran,  kopi Palembayan akan dipasarkan melalui Palembayan Heritage dan Palembayan madani.

Sementara menurut Rinaldi Dt. Rajo Mangkuto tokoh perantau Palembayan yang juga merupakan tokoh muda yang berkiprah di propinsi Sumbar ,  mengharapkan  dengan pelatihan ini, para peserta bersemangat untuk kopi, yang berorientas pada upaya memodernkan petani kopi.

Dalam pelatihan lapangan petani kopi tersebut hadir sebagai narasumber  yang didatangkan khusus dari Yogyakarta sebanyak 3 orang, dari unsur komunitas dan pemerhati kopi nasional.

(Harmen)

To Top