Kaba Terkini

Padang Juara Umum MTQ Sumbar, Solsel Tuan Rumah MTQ Ke-40

Bukittinggi, KABA12.com — Kota Padang keluar sebagai Juara Umum pada ajang MTQ Nasional Ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021, pada perhelatan yang didadakan di Kota Padang Panjang 12-18 November 2021.

Sementara juara bertahan MTQ Tingkat Sumbar tahun 2019 Kabupaten Tanah Datar berada diurutan ketiga, dan tuan rumah Kota Padang Panjang berada di urutan ketujuh.

Pengumuman pemenangn berbagai mata lomba dan juara umum, menjadi puncak penutupan acara penutupan MTQ Nasional Ke-39 Tingkat Sumbar di Kota Padang Panjang.

Walaupun penutupan acara diwarnai dengan hujan deras, namun tidak mengurangi kemeriahan acara penutupan yang dilaksanakan di lapangan GOR Bancah Laweh Khatib Sulaiman Padang Panjang, Jumat (18/11). sore.

Walaupun diguyur hujan deras, tidak mengurangi animo kafilah dan masyarakat menyaksikan acara penutupan. Sorak-sorai kegembiraan masing-masing kafilah, mendengar setiap pengumuman dewan hakim dari 37 cabang lomba membuat acara penutupan menjadi meriah.

Puncak kegembiraan semakin seru ketika pengumuman peringkat juara umum MTQ Tingkat Sumbar yang diraih Kota Padang.

Adapun hasil MTQ Nasional Ke-39 Tingkat Sumbar yang dibacakan oleh Ketua Dewan Hakim, DR.H. Sobhan Lubis bersama Sekretaris H. Yusran Lubis secara bergantian itu Kota Padang keluar sebagai juara umum, disusul Kabupatan Tanah Datar sebagai peringkat 2, Kota Pariaman peringkat 3, Kabupaten Pasaman peringkat 4, Kabupaten Agam peringkat 5.

Sementara Kabupaten Padang Pariaman berada peringkat 6, disusul tuan rumah Kota Padang Panjang peringkat 7, Kota Bukittinggi peringkat 8, Kabupaten Pasaman Barat peringkat 9. Khusus untuk peringkat 10 diraih oleh dua daerah Kota Solok dan Kota Payakumbuh yang mempunyai jumlah point yang sama.

Kota Padang yang keluar sebagai juara umum berhak memperoleh piala bergilir yang diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar yang juga Ketua LPTQ Sumbar, Audi Jounaldy, kepada Kota Padang yang diterima langsung Walikl Kota Padang Hendri Septa. Karena suasana penutupan diwarnai hujan, penyerahan piala dilakukan secara simbolis kepada Qori dan Qoriah mewakili kafilah yang keluar sebagai juara.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, mengapresiasi Kota Padang Panjang yang telah berhasil menggelar MTQ Tungkat Sumbar dengan sukses sejak awal pembukaan sampai dengan penutupan.

“Atas nama pemerintah Provinsi Sumatra Barat, kami menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran serta Wakil Wali Kota Asrul, bersama jajarannya yang telah berhasil sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada warga Kota Padang Panjang yang telah mendukung pelaksanaan MTQ di Kota Padang Panjang” ujar Audy.

Lebih lanjut Audy mengatakan, ajang MTQ telah melahirkan persaudaraan antar kafilah dari berbagai daerah. Ia menyebutkan, pelaksanaan MTQ sudah berjalan dengan baik dan aman. Tak lupa, ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan dewan hakim yang sudah melaksanakan tugas dengan amanah.

Wagub juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Walikota yang sangat berperan aktif mengirimkan kafilah daerahnya. Wagub juga memberiakan atensinya kepada pemenang. “Yang juara jangan sombong, yang kalah janagn berputus asa. Teruslah berlatih untuk ajang yang akan datang,” pungkasnya.

Pada acara penutupan itu juga diumumkan Kabupaten Solok Selatan sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional Ke-40 Tingkat Sumbar tahun 2023. Penunjukan Solok Selatan sebagai tuan rumah MTQ Ke-40 ditandai dengan penyerahan bendera MTQ dari Wagub Audy kepada Bupati Solok Selatan, Khairunnas.

(Ophik)

To Top