Kaba Terkini

Bangkitkan Generasi Islam Minangkabau, Daya Desa Sungai Batang Gelar Pendidikan Surau

Sungaibatang, kaba12.com — Daya Desa Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam melaksanakan kegiatan pendidikan dan akademisi surau guna membangkitkan generasi muda Islam Minangkabau di era globalisasi.

Acara tersebut dibuka Bupati Agam diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Drs. Isra di Balairung Adat Nagari Sungai Batang, Jum’at (19/11).

Turut hadir dalam kesempatan itu Camat Tanjung Raya Handria Asmi, Danramil 05 Tanjung Raya Kapten Inf Chairul Muhammad, Pj Walinagari Sungai Batang Rustian, perwakilan Balai Kelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat, Daya Desa Sungai Batang Rudi Yudhistira, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Daya Desa Nagari Sungai Batang, Rudi Yudhistira mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pemajuan kebudayaan desa oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai adat dan budaya khususnya di Nagari Sungai Batang.

Ia menyebut, pendidikan surau tersebut diselenggarakan dalam dua sesi yang pesertanya berasal dari kalangan generasi muda atau remaja. Sesi pertama digelar pada 20-21 November dan Sesi kedua pada 27-28 November.

“Ada empat materi pelajaran yang akan diberikan kepada peserta selama kegiatan ini berlangsung yaitu pendidikan adat istiadat berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK), keagamaan, karakter, dan seni budaya,” katanya.

Rudi menjelaskan, kegiatan itu akan digelar di tiap jorong yang ada di Sungai Batang yang melibatkan guru atau pemateri dari anggota Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan para mubaligh.

“Alhamdulillah, ini adalah sebuah peluang bagi kita untuk membangkitkan semangat para generasi muda Minangkabau dalam mempelajari adat istiadat, agama dan budaya yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KAN Sungai Batang Syawaluddin Dt Mangkudun menambahkan, pihaknya sangat mendukung terhadap program kegiatan yang dilaksanakan oleh Daya Desa.

Ia berharap, kegiatan itu dapat menjadi agenda tahunan sehingga bisa melahirkan generasi Buya Hamka yang baru di Nagari Sungai Batang.

“Kami atas nama ninik mamak Sungai Batang sangat mendukung terhadap kegiatan ini. Mudah-mudahan dapat terus berlanjut kedepannya karena ini merupakan sebuah upaya pemajuan pendidikan agama dan adat istiadat bagi generasi muda,” ungkapnya.

Bupati Agam diwakili Kepala Disdikbud Drs Isra menyebutkan, pihaknya memberi apresiasi terkait topik dan tema yang diangkat dalam kegiatan akademisi surau tersebut.

Ia mengakui, Nagari Sungai Batang adalah salah satu nagari di Agam yabg terkenal dengan tokoh nasional dan internasional yakni Buya Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA).

“Menurut kami Nagari Sungai Batang merupakan negeri bertuah karena gudangnya para ulama dan tokoh nasional maupun internasional. Oleh karena itu, melalui program daya desa dengan kegiatan akademisi surau ini diharapkan dapat dilaksanakan sebaik- baiknya sehingga mampu melahirkan generasi yang memegang teguh adat istiadat Minangkabau,” ungkapnya.

Pihaknya meyakini bahwa program tersebut dapat dijadikan sebagai motivasi untuk ‘mambangkik batang tarandam’ sekaligus sebagai upaya mewariskan nilai-nilai adat budaya berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Menurutnya, judul yang diambil dalam kegiatan tersebut sangatlah tepat karena surau adalah tempat beribadah dan silaturahmi bagi umat muslim. Selain itu, surau juga dijadikan tempat belajar Al-Qur’an, adat, dan ilmu pengetahuan guna meningkatkan sumber daya manusia.

Ia juga meminta kepada seluruh tokoh masyarakat untuk dapat mengembalikan fungsi surau sebagai kearifan lokal. Hal ini dikarenakan pembentukan karakter generasi muda Minangkabau sangat penting dilakukan terutama di era globalisasi saat ini.

“Mari kita bahu-membahu bekerjasama untuk menjadikan surau sebagai pusat belajar mengaji, melatih keterampilan bela diri dan kegiatan lain yang dapat meningkatkan ilmu adat istiadat, keagamaan, serta kebudayaan,” jelas Isra.

(Bryan)

To Top