DPRD Agam

Optimalkan Tupoksi Sepanjang 2022, DPRD Agam Bentuk 6 Pansus, Sahkan 7 Perda

Lubukbasung, kaba12.com — Optimalkan tugas pokok dan fungsi DPRD Agam, sepanjang tahun 2022, 45 anggota legistlatif di kabupaten Agam sukses merampungkan 7 peraturan daerah yang mengatur berbagai aspek penting untuk masyarakat.

Tujuh perda yang disahkan, tidak hanya dalam aspek pengawasan, penganggaran, masalah sosial dan berbagai aspek lain, yang menjadi rujukan dalam optimalisasi berbagai potensi daerah, termasuk mengantisipasi dampak sosial di tengah masyarakat.

Dalam relis akhir tahun yang disampaikan Sekretariat DPRD Agam melalui Pranata Humas-Protokol Hasneril dijelaskan, 7 peraturan daerah yang disahkan masing-masing Perda tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, Perda tentang pembentukan 13 nagari baru, Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021.

Kemudian Perda tentang Perubahan Perda nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Perda tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2022, Perda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Perda tentang APBD TA 2023.

“ 7 Perda yang sudah disahkan itu sudah diaplikasikan di lapangan untuk mendorong kegiatan pembangunan dan pengawasan di lapangan, “ jelas Hasneril.

Disisi lain, untuk memaksimalkan fungsi pengawasan dan pendalaman berbagai aspek terkait dengan tugas pokok dan fungsi lembaga DPRD Agam,sepanjang tahun 2022, DPRD Agam sudah memberi 6 panitia khusus (pansus) yang sasarannya untuk memaksimalkan berbagai hal yang bermuara pada pembentukan peraturan daerah.

Tujuh Pansus yang dibentuk, ulas Hasneril masing-masing Pansus Pembahasan Ranperda tentang Lembaga Kemasyarakatan Nagari dan Lembaga Adat Nagari, Pansus Pembahasan Ranperda tentangan pembentukan 13 nagari baru di kabupaten Agam.

Kemudian, ulasnya Pansus Pembahasan Ranperda tentang Hari Jadi Kabupaten Agam, Pansus Pembahasan Ranperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Pansus Pembahasan Ranperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan Pansus Pembahasan Pembangunan.
“ Sesuai informasi yang kami peroleh, sebagian pansus masih berproses dan kegiatannya masih berlanjut, untuk memaksimalkan hasil di lapangan,” jelas Hasneril.

Diyakinkan, sesuai komitmen pimpinan DPRD Agam bersama seluruh anggota DPRD Agam, kegiatan yang dilaksanakan sepanjang tahun 2022, berjalan maksimal dengan berbagai agenda yang cukup padat, tidak hanya ke lapangan, tapi juga berbagai pertemuan resmi yang hingga menjelang akhir tahun 2022 masih terus dilaksanakan.

HARMEN

To Top