Kaba Bukittinggi

Ops Zebra Singgalang Dimulai, Polres Bukittinggi Kedepankan Penindakan

Bukittinggi, KABA12.com — Polres Bukittinggi mulai melaksanakan operasi zebra singgalang 2019 mulai dari 23 Oktober hingga 5 November 2019 mendatang. Polres Bukittinggi, berkomitmen untuk lebih mengedepankan tindakan secara represif.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Iman Pribadi Santoso, menjelaskan, untuk pelaksanaan operasi zebra singgalang 2019 ini, pihak kepolisian dari satuan lalu lintas Polres Bukittinggi lebih mengedepankan tindakan secara represif. 60 persen penindakan dilakukan secara represif, 20 persen preemtif dan 20 persen lagi preventif. Dimana tujuan operasi zebra kali ini memberikan efek penertiban, keselamatan dan kelancaran berlalu lintas bagi pengendara.

“Untuk sasaran operasi zebra 2019 para pengendara yang tidak melengkapi surat-surat kendaraan, pelanggar lalu lintas, pengendara ugal-ugalan, tidak memakai helm, dan pengendara dibawah umur. Itu semua berlaku untuk pengendara roda dua maupun lebih,” ujarnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Bukittinggi, AKP M. Rizky Cholid menyampaikan untuk pelaksanaan operasi zebra satuan lalu lintas Polres Bukittinggi menggunakan sistem hunting dan stationary.

“Sistem hunting kita lakukan untuk menindak pelanggar secara kasat mata untuk dilakukan penindakan langsung dan sistem stationary untuk mengecek surat-surat kendaraan saat berkendara,” ungkapnya.

Ia menyebutkan jika dibandingkan pelaksanaan operasi zebra di tahun 2017 dan 2018 terjadi penurunan angka, dimana tahun 2018 pelanggaran mengalami penurunan.

“Dan pada operasi zebra 2019 ini diharapkan angka itu kembali turun yang berarti kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas meningkat. Serta dapat menujudkan kamseltibcar Lantas,” ulasnya.

(Ophik)

To Top