Kaba Terkini

Nelayan dan KSB Agam Ikuti Sosialisasi Mitigasi Bencana

Pariaman, KABA12.com — Sebanyak 30 orang nelayan dan kelompok siaga bencana (KSB) Kabupaten Agam mengikuti sosialisasi mitigasi bencana, Selasa (26/8) di Aula UPT Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman.

Kegiatan yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat tersebut untuk tiga Kabupaten/Kota, yakni Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman yang merupakan wilayah pesisir pantai barat daya Sumatera.

Harmis, S.PT dari komunitas siaga tsunami (Kogami) yang tampil sebagai narasumber, mengatakan Sumatera Barat adalah market bencana. Jadi harus diketahui filosofi penanggulangan bencananya. Yaitu jauhkan manusia dari bencana, beradaptasi dengan bencana, dan mendorong kearifan lokal sebagai kekuatan utama.

‘’Mengingat perubahan iklim saat ini, mengakibatkan tejadinya perubahan atmosfir secara global dan upaya berupa perubahan variabilitas iklim alamiah.’’katanya.

Ia menambahkan, melalui mitigasi perlu diperkuat dan membangun strategi dengan mengurangi dampak negatif terhadap pengurangan bencana secara berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi yang mendampingi peserta dari Kabupaten Agam, menyambut baik atas diundangnya nelayan serta KSB nagari Kabupaten Agam.

“Semoga dengan sosialisasi ini para petani bersama KSB dapat memahami kearifan lokal dalam penanggulangan bencana,”katanya.

(Ardi)

To Top