Kaba Terkini

Nagari Pasie Laweh Agam Ciptakan 30 Inovasi Baru Dalam Dua Tahun

Pasie Laweh, KABA12.com — Dalam jangka waktu dua tahun, pemerintah Nagari Pasie Laweh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam, mampu menciptakan 30 inovasi baru.

Hal itu dibenarkan Wali Nagari Pasia Laweh Zul Arfin Datuak Parpatih. Ia mengungkapkan selama dua tahun, sudah Rp21 miliar dana masuk ke nagari Pasie Laweh dari berbagai indikator 30 inovasi yang dilakukan.

Ke-30 inovasi tersebut diantaranya Kelompok Tani Hutan Berbasis Kaum, Pembangunan Nagari Pola Manunggal, Gerakan Nagari Menabung, Sarjana Pendamping Inovasi Nagari, Pendidikan Berbasis Surau, Silat Tradisional Masuk Sekolah, Aparatur Mengajar, Rumah Lestari, Nagari Ilmiah, Pasar Rakyat Gratis, dan beberapa inovasi lainnya.

Zul mengakui, dari 30 inovasi itu belum semuanya bisa menghasilkan. Namun setidaknya, inovasi-inovasi tersebut sudah dimulai dan membawa perubahan. Apalagi, masyarakat setempat juga sangat mendukung.

“Tapi dari 30 inovasi itu, program Kelompok Hutan Berbasis Kaum penghasil terbesar, dan bisa mendatangkan uang hampir Rp4 miliar,” katanya

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit sangat mengapresiasi. Terutama saat ini program pemerintah hampir semuanta harus ada inovasi. Menurutnya, tentu inovasi ini bisa sejalan dengan prorgam pemerintah.

“Inovasi-inovasi ini, hendaknya harus mampu memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pelayan kepada masyarakat,” ujarnya

(Ardi)

To Top