Kaba Terkini

Nagari Maninjau Gelar Musrenbang RKP 2023

Maninjau, KABA12.com — Pemerintah Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam menggelar musyawarah pembangunan nagari (Musrenbang) rencana kerja pemerintah (RKP) tahun anggaran 2023 di aula kantor walinagari setempat, Kamis (22/9).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Tanjung Raya diwakili Sekretaris Camat Alfian, Walinagari Maninjau Alfian, Pendamping Desa Kecamatan, Ketua Bamus, Ketua KAN, bundo kanduang, tokoh masyarakat, pemuda, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, para peserta musyawarah membahas sejumlah usulan program prioritas di Nagari Maninjau yang akan dilaksanakan pada tahun depan. Selain itu mereka juga

Walinagari Maninjau Alfian, mengatakan, pelaksanaan Musrenbang nagari memiliki tujuan untuk menetapkan program prioritas nagari yang akan dibiayai oleh pemerintah baik menggunakan APB Nagari, APBD Kabupaten, APBD Provinsi, maupun APBN.

Selain itu, sebelum melaksanakan Musrenbang, pihaknya telah menggelar musyawarah di tingkat jorong dan nagari untuk menentukan program prioritas yang akan dilakukan.

“Musrenbang tingkat nagari bertujuan untuk menyepakati program prioritas atau kebutuhan yang sangat mendesak agar bisa direalisasikan melalui program kegiatan pada tahun perencanaan, atau tahun 2023 nanti,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Tanjung Raya Alfian mengatakan, segala program prioritas yang ditetapkan perlu didukung dan kerjasama semua pihak agar perealisasiannya nanti bisa berjalan maksimal.

Disamping itu, melalui Musrenbang nagari kali ini diharapkan dapat memberikan kemajuan bagi Nagari Maninjau kedepan terutama dari seluruh sektor yang ada, mulai dari pertanian, perikanan, pariwisata, UMKM, pembangunan infrastruktur, dan lainnya.

“Kami berharap perumusan dan penetapan program prioritas nanti mampu memberikan kontribusi untuk mendorong kemajuan nagari serta menjawab segala persoalan yang ada,” katanya.

Diketahui, pemerintah nagari sendiri memiliki sejumlah daftar usulan prioritas rencana program kegiatan di beberapa bidang untuk pembangunan nagari pada tahun 2023, diantaranya penyelenggaraan pemerintahan nagari, pembangunan nagari, pembinaan masyarakat, dan penanggulangan bencana keadaan darurat dan mendesak.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top