Galetek

Musrenbang Untuk Sesungguhnya

Catatan : Harmen

Senin ini, 10 Februari 2020, pemerintahan kabupaten Agam sudah memulai tahapan lanjutan dalam pembahasan kerangka rencana pembangunan untuk tahun 2021 mendatang.

Dalam beberapa hari kedepan, seluruh kecamatan akan berkutat dengan proses pembahasan rencana strategis yang akan direalisasikan untuk menjawab harap dan impian kemajuan yang ditumpangkan masyarakat luas.

Adalah harap yang terngiang sejak lama, yang sebetulnya sudah berhasil dijawab perlahan namun pasti oleh pemerintah. Saat ini, diakui atau tidak saat ini, Pemkab.Agam sudah menjawab harapan masyarakat tentang insfrastruktur jalan. Saat ini,bahkan jalan “ka parak” saja sudah hitam dan keras karena diaspal hotmix.

Kalaupun ada yang tersisa, kemungkinan karena peningkatan atau perbaikan yang harus dilakukan. Demikian juga sarana pelayanan kesehatan, sarana pelayanan berupa gedung walinagari, gedung kantor camat, pusat kegiatan ekonomi berupa pasar-pasar yang merata megahnya di setiap nagari dan kecamatan.

Kekinian yang menjadi damba oleh masyarakat, adalah program yang lebih terarah, terutama dalam bidang ekonomi, dukungan infrastruktur irigasi karena sangat banyak yang rusak terdampak bencana alam, penataan drainase, serta program-program strategis bidang ekonomi dalam upaya pengembangan potensi yang ada.

Dilain pihak, konsentrasi perhatian sudah mestinya disorongkan ke berbagai kecamatan yang kaya akan potensi alam, namun bisa terjamah maksimal dengan sarana, seperti halnya kecamatan Malalak, Palupuah, Palembayan, Ampek Nagari, Matur dan berbagai kecamatan lain yang notabone-nya masih menunggu harapan untuk bisa lebih berpacu untuk bersaing dalam kemajuan dengan kecamatan lain.

Dan momentnya, salah satunya musrenbang. Dalam pembahasan perencanaan pembangunan tersebut, mestinya tak melulu dibahas tentang rencana pembangunan pisik, tapi juga upaya mendorong peningkatan mutu SDM, pengembangan potensi alam, serta strategi menyangkutkan mimpi dan harapan masyarakat di wilayah itu pada pemerintah pusat, karena dukungan dana daerah yang minim, serta menjadikan hal itu sebagai fokus perhatian sehingga bisa terus didiskusikan dengan kalayak.

Alangkah luar biasanya kabupaten Agam, jika mampu menjawab harap itu. Karena potensi kabupaten Agam, yang luar biasa, kompleks, beragam bahkan luar biasa, bisa muncul serentak ke permukaan, bahkan bisa menjadi kekuatan tersendiri di Sumatera Barat bahkan nasional. Dan inilah moment, karena musrenbang untuk sesungguhnya.

(***)

To Top