Kaba Terkini

Muspika Tilkam Kemasi Sampah Menggunung

Gaduik , KABA12.com — Tumpukan sampah yang menggunung menjadi pemandangan mengerikan di perbatasan Tilatang Kamang-Palupuah.

Warga yang seenaknya membuang sampah di tepi lintas Sumatera ruas Bukittinggi- Medan itu sudah berlangsung cukup lama sehingga memicu bau tak sedap dan mengganggu arus lalulintas.

Mengatasi hal itu, camat bersama muspika Tilatang Kamang gelar goro massal Rabu,(5/4) membersihkan tumpakan sampah tersebut.

Kontributor KABA12.com Harry di lokasi goro massal di batas kecamatan Tilkam-Palupuah itu melaporkan, kegiatan itu sengaja digelar sebagai upaya mengatasi persoalan sampah yang beberapa waktu belakangan mengundah keresahan dan mengganggu pemandangan apalagi kawasan yang dijadikan arena pembuangam sampah itu berada persis di tepi jalan lintas Sumatera.

Camat Tilatang Kamang Herman, SE goro massal  melibatkan Bhabinsa, Bhabinkamtibmas Gadut, wali nagari Gadut,  jorong se nagari Gadut dan  masyarakat itu sebagai wujud keprihatinan karena kurangnya pedulinya masyarakat pada lingkungan.

” Yang memprihatinkan, warga terimbasnjustru warga sekitarnya,” ulas Herman

Goro massal itu sendiri tambah camat Tilkam itu lagi merupakan permintaan masyarakat Gadut yang sudah tak nyaman dengan tumpukkan sampah di beberapa titik disepanjang jalan lintas Bukittinggi – Pasaman, yang dibuang begitu saja oleh orang-orang bertanggungjawab.

Untuk mengantisipasi tindak serupa, direncanakan di kawasan bekas pembuangan sampah itu akan dibuat tanda larangan membuang sampah dan akan dibangun taman khusus sehingga warga yang terbiasa membuang sampah jadi enggan berbuat serupa.

” Kita akan segera bangun taman dihiasi bunga-bunga sehingga menambah keindahan di tepi jalan lintas Sumatera yang banyak dilalui warga dari berbagai daerah itu,” jelas Herman.

Goro massal yang mendapat perhatian khsusus banyak kalangan itu direspon posotif banyak pihak, pasalnya aksi buang sampah sembarangan itu sudah makin meresahkan.

(HARMEN / HARRY)

To Top