Kaba Terkini

Mesjid Taqwa Tantaman Ludes Jadi Abu, Kerugian Mencapai Rp.300 Juta

Palembayan, kaba12.com — Mesjid Taqwa Batang Damar, Jorong Tantaman, Nagari III Koto Silungkang, kecamatan Palembayan yang terbakar Selasa,(15/2) sekitar pukul 19.20 WIB tadi malam, memicu kepirihatinan dan duka banyak pihaknya.

Banyak ungkapan duka dan prihatin yang disampaikan berbagai komponen masyarakat atas musibah kebakaran yang menghanguskan rumah ibadah yang megah di wilayah jorong Tantaman yang selama ini dimanfaatkan masyarakat setempat untuk kegiatan ibadah tersebut.

Dampak kebakaran tersebut, seluruh bangunan mesjid rusak parah termasuk konstruksi beton mesjid, termasuk isinya, namun berbagai peralatan ibadah terutama kitab suci Al-Quran berhasil diselamatkan para jamaah yang membantu proses pemadaman api.

Untuk pemadaman api dalam musibah kebakaran itu, menurut Arfin Yunanda, Kabid.Damkar, Dinas Satpol.PP- Damkar Agam, pihaknya menurunkan 3 armada pemadam kebakaran yang diterjunkan dari Posko Damkar Sungai Tanang dan Posko Lubukbasung.

Dijelaskan Arfi Yunanda, sesuai laporan yang diperoleh pihaknya di lapangan, sumber api penyebab kebakaran yang menghanguskan mesjid Taqwa Batang Damar, Tantaman itu, diduga akibat korsleting aliran listrik yang bersumber dari genest yang dipasang untuk penerangan di mesjid tersebut.

“ Ditaksir kerugian mencapai Rp.300 juta, dan petugas damkar baru kembali ke posko Rabu dini hari, setelah proses pendinginan dinyatakan selesai, “ungkap Arfi Yunanda lagi.

Musibah kebakaran itu mengundang keprihatinan banyak pihak, pasalnya mesjid Taqwa Batang Damar, Jorong Tantaman itu, dikenal sebagai salah satu sarana ibadah yang banyak dimanfaatkan para jamaah, bahkan menjadi salah satu lokasi kegiatan safari Ramadhan oleh Pemkab.Agam beberapa tahun terakhir.

HARMEN

To Top